Ketahuan, Apple Siapkan Mac Baru dengan Prosesor AMD

Setelah Microsoft Surface Laptop pakai AMD Ryzen, kini Apple ikut meliriknya.

Agung Pratnyawan

Posted: Senin, 10 Februari 2020 | 11:30 WIB
Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)

Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

Hitekno.com - Semenjak meninggalkan PowerPC ganti ke x86, Apple diketahui selalu memakai prosesor Intel. Namun nampaknya kini melirik ke kubu sebelah, prosesor AMD.

Selama ini prosesor AMD memang memiliki citra kurang baik karena suhu panas dan pemakaian daya tinggi. Tapi itu dulu, bukan sekarang.

Semenjak kehadiran prosesor AMD Ryzen, kini hadir lebih dingin dan hemat daya. Punya performa tinggi, namun tetap ramah di kantong.

Baca Juga: AMD RX 5700 XT Edisi Waifu, Kartu Grafis Incaran Wibu

Ditambah lagi AMD Ryzen juga memiliki integrated GPU yang disebut APU berperforma tinggi. Bahkan disebut-sebut integrated GPU paling kuat untuk saat ini.

Sedangkan prosesor Intel yang selama ini digunakan Apple tak memiliki integrated GPU yang mumpuni. Alhasil, Apple memakai discreate GPU AMD.

Tak heran makin banyak laptop maupun pengguna PC melirik prosesor AMD Ryzen. Bahkan Apple pun dirumorkan berminat pindah haluan.

Baca Juga: Persaingan Memanas, AMD Siapkan GPU yang Bisa Kalahkan Adreno di Snapdragon

Dikutip dari Engadget, Apple dilaporkan tengah menguji perangkat Mac baru. Sayangnya tidak jelas apakah Macbook atau iMac.

Prosesor AMD Ryzen 3000. (AMD)
Prosesor AMD Ryzen 3000. (AMD)

Seorang leaker dengan akun Twitter @_rogame pun menemukan bukti-bukti dalam file pengujian Mac baru ini yang menyinggung arsitektur baru AMD, NAVI.

Bukti-bukti ini ditemukannya pada MacOS 10.15.4 Beta 1 yang beriksikan kode-kode nama arsitektur prosesor AMD beberapa generasi.

Baca Juga: Sebelum Beli, Ini yang Harus Kamu Ketahui dari AMD Ryzen 3000

Temuan ini mengindikasikan kalau Apple sedang menyiapkan perangkat baru memakai prosesor AMD, namun tidak diktahui perangkat apa.

Beberapa spekulasi pun muncul, dari pemakaian prosesor AMD Ryzen seperti yang ramai dipakai untuk laptop generasi sekarang.

Baca Juga: Siap Saingi Intel i9 9980XE, Muncul Bocoran AMD Ryzen 16 Core 5,2 GHz

Ada pula spekulasi pemakaian AMD Epyc sebagai prosesor enterprise kelas server. Bahkan dugaan Apple membuat perangkat gaming juga makin menguat.

Microsoft juga telah memasangkan prosesor AMD Ryzen untuk Surface Laptop 3. Sehingga tak diragukan lagi kenapa Apple bisa ikutan meliriknya.

Berita Terkait
Berita Terkini

Dell PowerStore membantu pengelolaan tuntutan beban kerja yang terus meningkat dengan storage quad-level cell (QLC) ....

gadget | 09:02 WIB

Cek berapa harga Sennheiser HD 620S resmi di Indonesia....

gadget | 09:52 WIB

Samsung Galaxy Watch7 dan Samsung Galaxy Buds3 Pro telah dibekali Galaxy AI, untuk apa?...

gadget | 09:35 WIB

Laris manis, POCO F6 terjual 30 ribu unit dalam seminggu....

gadget | 08:24 WIB

Cek berapa harga ADVAN TBOOK x Transformers....

gadget | 08:02 WIB