Gadget

Akur, Intel Luncurkan PC Mungil dengan GPU AMD Radeon di Dalamnya

GPU AMD Radeon 540X dipercayai mengisi Mini PC Intel NUC 8 Mainstream-G.

Agung Pratnyawan

Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)
Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)

Hitekno.com - Intel dan AMD sama bersaing dalam industri teknologi, terutama pasar prosesor. Namun bukan berarti mereka tak mampu akur dalam satu produk.

Ternyata bisa! Intel menghadirkan sebuah perangkan mini PC yang mengandalkan GPU dari AMD. Bukan keluaran pabrikan lain, namun Intel sendiri yang meluncurkannya.

Intel NUC 8 Mainstream-G, dihadirkan sebagai mini PC yang mengincar para gamer. Khususnya gamer PC namun menginginkan perangkat yang mungil.

Mini PC dari Intel ini memanfaatkan arsitektur terbaru Whiskey Lake untuk prosesornya. Arsitektur yang membuat prosesor Intel hemat daya meski punya performa lebih.

Intel NUC 8 Mainstream-G ini memiliki pilihan prosesor Core i5-82650U atau Core i7-8565U. Keduanya sama-sama memiliki 4 core dan 8 thread dengan TDP 15 watt.

Mini PC ini dilengkapi RAM LPDDR3 8 GB. Meski prosesor mendukung RAM hingga 32 GB, namun Intel NUC 8 Mainstream-G ini tidak bisa di-upgrade karen RAM disolder ke board.

Beruntung Intel memberikan slot M.2 SSD dan satu port SATA untuk drive 2,5 inci. Juga melengkapi perangkat ini dengan memori Intel Optane 16 GB.

Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)
Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)

 

Menariknya, di sisi GPU Intel NUC 8 Mainstream-G memakai AMD Radeon 540X. GPU ini telah memakai arsitektur Polaris andalan AMD untuk GPU.

AMD Radeon 540X ini delengkapi dengan VRAM 2 GB GDDR5. Meski cuma 2 GB, GPU ini dapat menjamin pengalaman multimedia yang maksimal.

Untuk main game? Tentu saja bisa, meskipun bukan game kelas berat. GPU AMD Radeon 540X berada di kelas sedikit di atas entry-level.

Selain itu, AMD Radeon 540X memang dihadirkan untuk perangkat mobile seperti laptop. Sehingga dioptimalkan untuk hemat daya meski harus mengeluarkan performa terbaiknya.

Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)
Intel NUC 8 Mainstream-G. (Intel)

 

Untuk mini PC ini sendiri, Intel memberikan konektivitas dua port USB 3.1 gen2, port audio 3,5 mm di bagian depan bersama dengan tombol power.

Di sisi belakang, Intel NUC 8 Mainstream-G ini dilengkapi port power, dua port USB 3.1 gen2, port ethernet, HDMI 2.0, dan Mini-DP 1.2.

Berhubung prosesor Intel yang dipakai memiliki integrated GPU dan adanya AMD Radeon 540X, membuat mini PC ini mendukung tiga monitor sekaligus.

Mini PC ini dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth 5.0, Wireless AC, dan sensor infra merah. Dengan teknologi ini, cocok pula sebagai perangkat multimedia center.

Sebagai mini PC, pastinya Intel NUC 8 Mainstream-G ini memiliki ukuran mungil. Dengan dimensi 117 x 112 x 52 mm membuatnya terlihat mungil.

Lalu berapa harga Intel NUC 8 Mainstream-G dengan GPU AMD Radeon 540X ini? Harga paket mini PC ini dimulai dari 663 dolar AS atau sekitar Rp 9,3 jutaan.

Berita Terkait