Gadget

Move On, Mantan Bos Lenovo Gabung ke Xiaomi

Karir Chang Cheng di Lenovo sudah berlangsung selama 19 tahun. Dirinya lalu memutuskan untuk mengundurkan diri pada 18 Desember 2019 lalu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

Hitekno.com - Chang Cheng, Vice President Lenovo Mobile Tiongkok belum lama ini memutuskan untuk meninggalkan perusahaan yang sudah 19 tahun bersamanya dan memilih bergabung dengan Xiaomi.

Cukup mengejutkan rasanya mengetahui bahwa bos Lenovo mendadak bergabung bersama kompetitornya dari brand Xiaomi. Pro dan kontra lalu berkembang selaras dengan hal ini.

Melansir dari Gizmochina, pilihan bos Lenovo bergabung dengan Xiaomi ini diungkap langsung oleh Co-Founder dan Chairman Xiaomi Group, Lei Jun.

Walaupun sudah membocorkan kabar tersebut, Lei Jun masih menutup mulut dan tidak mengungkap posisi apa yang sebenarnya diemban Chang Cheng sesaat setelah bergabung dengan Xiaomi.

Alasan Lei Jun mengajak Chang Cheng bergabung ke Xiaomi adalah karena pengalamannya di bidang perangkat elektronik. Lei Jun percaya jika perencanaan produk smartphone perusahaan akan bergerak maju dengan fitur dan dukungan yang lebih beragam.

Lei Jun, CEO Xiaomi
Lei Jun, CEO Xiaomi. (Xiaomi)

 

Pro dan kontra terkait kepindahan Chang Cheng ke Xiaomi ini rupanya berdampak serius. Dirinya dilaporkan tersandung masalah hukum dengan Lenovo.

Pasalnya, vendor smartphone ini memiliki aturan jelas bahwa karyawan yang keluar dari perusahaan tidak boleh pindah ke perusahaan kompetitor dalam jangka waktu tertentu.

Karena telah langsung bergabung dengan Xiaomi usai resign dari Lenovo, Chang Cheng lalu dianggap telah melanggar kesepakatan dan harus membayar denda kepada mantan perusahaan yang telah ia tinggalkan tersebut.

Masih belum diketahui dengan pasti mengenai nasib Chang Cheng usai meninggalkan Lenovo dan bergabung dengan Xiaomi ini. Hal ini masih menimbulkan perdebatan dan masih menggantung.

Karir Chang Cheng di Lenovo sudah berlangsung selama 19 tahun. Dirinya lalu memutuskan untuk mengundurkan diri pada 18 Desember 2019 lalu bersamaan dengan pensiunnya pendiri Lenovo, Liu Chuanzhi.

Berita Terkait