Gadget

Power Bank Meledak saat Penerbangan, Pesawat Ini Lakukan Pendaratan Darurat

Pesawat tujuan Hong Kong tersebut mendarat darurat di Vietnam.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi power bank. (Pixabay/LYOO_JW)
Ilustrasi power bank. (Pixabay/LYOO_JW)

Hitekno.com - Peringatan power bank yang dapat meledak saat penerbangan telah banyak terjadi, itulah sebabnya banyak power bank dengan kapasitas yang besar dilarang ikut dalam penerbangan.

Tak sembarangan power bank bisa dibawa selama penerbangan. Pasalnya membawa power bank di dalam pesawat dianggap berbahaya dan berpotensi kejadian yang tak menguntungkan.

Namun hal ini diabaikan oleh salah satu penumpang penerbangan tujuan Hong Kong dari Kuala Lumpur.

Dalam penerbangan tersebut, tiba-tiba power bank milik seorang pria berusia 26 tahun meledak saat ia tengah mengisi baterai ponselnya selama penerbangan.

Hal ini membuat seluruh pesawat panik dan membuat seluruh awak pesawat akhirnya melakukan pendaratan darurat di Bandara Tan Son Nhat, Vietnam.

Ilustrasi power bank. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi power bank. (Pixabay/StockSnap)

 

Pasalnya ledakan tersebut melukai pahan dan tangan kiri pria tersebut dan harus segera ditangani oleh para profesional medis.

Beruntungnya saat melakukan pendaratan darurat dan tim medis sudah siap menunggu, sehingga pria tersebut bisa dilakukan ke rumah sakit terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Dilansir dari laman World of Buzz, setelah dilakukan observasi dan penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan otoritas Penerbangan Vietnam dtemukan bahwa merek power bank yang tak diketahui merupakan alasan di balik kecelakaan tersebut.

Sebelumnya, power bank dilaporkan meledak di pesawat Royak Brunei Airlines saat penerbangan.

Diketahui kejadian power bank meledak di dalam pesawat Royal Brunei penerbangan Hong Kong menuju Bandar Seri Begawan, Brunei.

Untungnya insiden ini ditangani dengan cepat dan baik oleh awak kabin yang sedang bertugas. Meski asap dari kebakaran tersebut memenuhi kabin pesawat dan sempat membuat panik penumpang lainnya.

Insiden meledaknya power bank di dalam pesawat ini semoga bisa menjadi pelajaran kita semua untuk lebih berhati-hati lagi membawa barang saat berpergian termasuk power bank.

Berita Terkait