Gadget

Laris Manis, Smart TV Xiaomi Laku Lebih dari 10 Juta Unit

Smart TV Xiaomi mencetak rekor karena belum ada produsen TV di China yang berhasil melakukan ini.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)
Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)

Hitekno.com - Pendiri sekaligus CEO Xiaomi Group, Lei Jun, dengan bangga mengumumkan bahwa smart TV Xiaomi telah terjual lebih dari 10 juta unit. Itu memecahkan rekor tersendiri dalam sejarah penjualan televisi di China.

Perusahaan belum mengumumkan total penjualan smart TV Xiaomi secara global, namun mereka sudah memaparkan capaian membanggakan di negaranya sendiri.

Sebelumnya, pada kuartal pertama 2019 penjualan smart TV Xiaomi menjadi nomor satu di India dengan pangsa pasar 39 persen.

LG harus puas menempati peringkat kedua di pasar smart TV India dengan pangsa pasar 15 persen.

Sementara Sony dan Samsung harus puas di posisi ketiga dan keempat dengan pangsa pasar masing-masing 14 persen dan 12 persen.

Petinggi Xiaomi menjelaskan bahwa smart TV Xiaomi sudah laku 10 juta unit. (Weibo)
Petinggi Xiaomi menjelaskan bahwa smart TV Xiaomi sudah laku 10 juta unit. (Weibo)

 

Pencapaian Xiaomi sangat membanggakan karena raihan pangsa pasar mereka bahkan hampir 3 kali lipat dari pesaing terdekatnya.

Di China, Lei Jun menjelaskan bahwa capaian sebesar itu belum pernah didapatkan oleh kompetitor lainnya.

Mereka mengklaim bahwa inovasi menjadi kunci keberhasilan smart TV Xiaomi dalam menggaet jutaan pelanggan.

Capaian ini bahkan mematahkan prediksi petinggi Xiaomi sebelumnya.

Sebelum ini, Lu Weibing, Presiden Xiaomi Group, telah menyatakan bahwa smart TV bukan smartphone sehingga penjualan mencapai 10 juta unit "terlalu sulit" karena tidak ada yang melakukannya.

Namun menjelang akhir tahun 2019, penjualan smart TV Xiaomi justru melejit hingga melebihi 10 juta unit.

Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)
Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)

 

Dikutip dari Gizmochina, produsen TV yang tergolong "senior" di industri TV di China bahkan belum ada yang mampu mencapai rekor secepat Xiaomi.

Hisense belum pernah melakukannya selama 40 tahun terakhir dan Skyworth belum melakukukannya juga selama 30 tahun terakhir.

TCL belum mampu menembusnya selama 38 tahun dan hanya butuh waktu 6 tahun bagi Xiaomi untuk membuat produk seperti smart TV Xiaomi yang mampu menembus penjualan lebih dari 10 juta unit.

Dalam dua tahun terakhir, Xiaomi mampu menjaga ritme penjualan smart TV dengan rata-rata menembut 2,3 juta unit per kuartalnya.

Perusahaan akan fokus mengembangkan smart TV ke depannya karena itu sangat mendukung ekosistem IoT dari Xiaomi yang sedang masif diperkenalkan ke konsumen.

Berita Terkait