Gadget

Dituduh Punya Radiasi Tinggi, Samsung dan Apple Kena Gugatan Hukum

Beberapa perangkat yang digugat antara lain iPhone 7, iPhone 8, iPhone XR, Galaxy S8, Galaxy S9, dan Galaxy S10.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)
Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)

Hitekno.com - Dua brand smartphone terkenal, Samsung dan Apple belum lama ini menerima gugatan dari sebuah firma hukum yang berada di Chicago Fegan Scott. Alasan gugatan ini karena brand ini disebut punya radiasi tinggi.

Bukan tanpa alasan, dikutip dari Phone Arena, tudingan firma hukum ini dibuat berdasarkan hasil penelusuran dan penyelidikan mendalam. Hasil ini mengungkap bahwa level radiasi smartphone Samsung dan Apple telah melebihi batas aman.

Asal mula gugatan ini berasal dari kasus Agustus 2019 lalu mengenai hasil investigasi yang dilakukan The Chicago Tribune mengenai level radiasi smartphone populer.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di salah satu laboratorium terakreditasi, uji coba smartphone dengan radiasi tinggi lalu dilakukan. Hasilnya, sejumlah iPhone terungkap memiliki level radiasi yang terlalu tinggi.

Pada saat kabar ini menyeruak, Apple sempat membantah dan menyebut bahwa hasil tes tersebut tidak akurat. Lebih lanjut, Apple merasa bahwa pengujian ini tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Ilustrasi Apple. ( Unsplash/ Bundo Kim)
Ilustrasi Apple. (Unsplash/Bundo Kim)

 

Mengandalkan sertifikasi dari FCC, Apple menyebut bahwa seluruh produknya telah mendapat sertifikasi resmi dari tiap negara yang merupakan pasar iPhone.

Apple menolak hasil penelitian tersebut dan yakin sudah mematuhi dan memenuhi seluruh pedoman dan batasan standar radiasi tinggi sebuah perangkat.

Beberapa waktu kemudian, Fegan Scott selaku firma hukum ini lalu meminta pengujian ulang di laboratorium yang terakreditasi FCC. Pengujian dengan menggunakan 6 model smartphone pada jarak 0-10 mm untuk mengukur radiasi dan tubuh.

Logo Samsung. (Samsung)
Logo Samsung. (Samsung)

 

Hasilnya, pada jarak 2 mm, iPhone 8 dan Galaxy S8 memiliki total tingkat radiasi dua kali lebih besar dari standar pada umumnya. Untuk jarak 0 mm, tingkat radiasi iPhone 8 meningkat lima kali lebih tinggi dari yang diizinkan.

Berbekal hasil pengujian ini, Fegan Scott lalu melakukan gugatan pada Samsung dan Apple. Beberapa perangkat yang digugat antara lain iPhone 7, iPhone 8, iPhone XR, Galaxy S8, Galaxy S9, dan Galaxy S10.

Mengingat ada dampak buruk radiasi yang jelas begitu mengancam pengguna smartphone, gugatan untuk Apple dan Samsung ini dirasa perlu dilakukan, agar vendor dan pengguna dibekali pengetahuan yang pasti mengenai radiasi smartphone.

Berita Terkait