Gadget

Dikritik Bos Sendiri, Algoritma Apple Card Harus Revisi

Apple Card yang merupakan kartu kredit titanium ini dirasa mengecewakan.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi Apple. ( Unsplash/ Bundo Kim)
Ilustrasi Apple. ( Unsplash/ Bundo Kim)

Hitekno.com - Rilis pada Agustus 2019, Apple mendapat kritikan pedas dari pengguna Apple Card. Tidak hanya kritikan dari pengguna, Apple juga menerima kritikan pedas dari bosnya sendiri yaitu Steve Wozniak. Apple lalu melakukan revisi pada algoritma Apple Card.

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak sepakat dengan netizen terkait diskriminasi gender dalam algoritma Apple Card yang baru saja dirilis.

Sebelumnya, Apple Card yang dirilis oleh Apple ini bekerja sama dengan Goldman Sachs Group dan menjadi pemasukan tambahan untuk perusahaan teknologi ini setelah terus mendapat pasokan dana dari iPhone.

Dilansir dari Gizmodo, perdebatan mengenai algoritma Apple Card di media sosial ini dimulai oleh pengusaha David Heinemeier Hansson.

Pengusaha ini mengatakan bahwa Apple Card yang baru saja dirilis ini begitu mengecewakan padahal sudah dinanti-nantikan kedatangannya.

Apple Card. (Apple)
Apple Card. (Apple)

 

Apple Card yang merupakan kartu kredit titanium ini dirasa mengecewakan karena memberi limit kredit 20 kali lebih besar dari yang diterima oleh istrinya.

Selain menyampaikan kekecewaannya, pengusaha ini juga menyampaikan permintaan pada pihak Apple untuk melakukan evaluasi dan mengatur Apple Card agar sesuai dengan pendapatan dan kelayakan kredit.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap agar Apple Card dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti skor kredit pribadi dan utang pribadi penggunanya.

Apple Card. (Apple)
Apple Card. (Apple)

 

Sepakat dengan Hansson, Steve Wozniak yang merupakan bos Apple juga membagikan perasaan yang sama. Dirinya mengaku mendapat kredit 10 kali lebih banyak pada kartu jika dibandingkan dengan istrinya.

''Kami tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit yang terpisah atau aset yang terpisah. Sulit untuk meminta manusia untuk melakukan koreksi. Ini merupakan teknologi besar pada 2019'' tulis Steve Wozniak membalas cuitan Hansson.

Apple memang belum memberikan konfirmasi resmi mengenai apa yang dialami ini. Namun, revisi algoritma Apple Card diharapkan segera dilakukan untuk menghindari kritik lagi.

Berita Terkait