Gadget

Khusus Android, Gini Cara Tingkatkan Kualitas Audio Bluetooh di Smartphone

Kualitas audio earphone konvensional dan nirkabel berbeda meski dengan harga yang sama.

Dinar Surya Oktarini

Headphone Nirkabel. (Pixabay/StockSnap)
Headphone Nirkabel. (Pixabay/StockSnap)

Hitekno.com - Tak bisa dihindari lagi, kualitas audio earphone konvensional dan nirkabel memiliki perbedaan meski dibanderol dengan harga yang sama. 

Sebagaimana dilansir laman Gadgets Now, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kualitas audio pada earphone Bluetooth melalui smartphone Android.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengubah codec Bluetooth dan membantu earphone men-decode audio ke potensi maksimal.

Sebelum melakukan langkah-langkahnya, pengguna perlu memahami codec dan cara kerjanya. Ada beberapa jenis codec Bluetooth yang digunakan earphone nirkabel.

Paling umum adalah SBC (Sub Band Codec) yang merupakan universal codec dan hampir semua perangkat audio Bluetooth menggunakan codec tersebut.

Tak hanya itu, ada beberapa codec lainnya yang lebih canggih. Seperti aptX milik Qualcomm dan umumnya ditemukan di smartphone yang menjalankan prosesor Qualcomm Snapdragon. Sony juga memiliki codecnya sendiri yang disebut LDAC.

Codec sendiri adalah program yang memampatkan audio analog dan mengirimkannya ke earphone melalui Bluetooth. Earphone kemudian mengdekompresnya kembali ke sinyal audio.

Kode lanjutan seperti aptX, AAC, dan LDAC mampu mentransmisikan file yang lebih besar sekaligus dan dapat menghasilkan kualitas audio yang lebih baik.

Dukungan codec juga tergantung pada perangkat. Pengguna harus memeriksa halaman dukungan earphone untuk mengetahui codec apa yang didukung.

Sebagian besar earphone Bluetooth dengan harga terjangkau umumnya mendukung SBC dan AAC dan earphone nirkabel yang lebih mahal mendukung LDAC dan aptX.

Headphone bluetooth. [Shutterstock]
Headphone bluetooth. [Shutterstock]

Berikut cara untuk meningkatkan kualitas audio di smartphone Android:

Buka Settings > pilih About > cari Build number dan ketuk sebanyak 7 kali hingga pengguna melihat pemberitahuan yang mengatakan 'You are a developer’.

Setelah selesai, kembali ke halaman Settings > hubungkan earphone lalu buka Developer options. Gulir ke bawah dan temukan Bluetooth audio codec > pilih codec yang didukung oleh earphone.

Setelah selesai, hidupkan ulang smartphone dan pengguna dapat menikmati kualitas audio yang telah ditingkatkan.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait