Gadget

Pengguna iPhone XS dan XR Pikir Dua Kali Sebelum Update iOS, Kenapa?

Sebelum menginstal iOS terbaru, hendaknya perhatikan beberapa hal.

Agung Pratnyawan

iPhone XS Max. (Apple)
iPhone XS Max. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah meluncurkan update iOS 13 yang ditujukan untuk smartphone iPhone. Namun untuk kamu pengguna iPhone XS dan iPhone XR sebaiknya pikir dua kali.

Update iOS terbaru ini memang memberikan banyak pembaruan dan fitur yang menarik. Namun disarankan kamu tidak buru-buru untuk beranjak ke versi terbarunya.

Pasalnya, update iOS terbaru memperkenalkan fitur yang bisa memperlambat iPhone kesayangan Anda.

Sistem operasi iOS 13.1 disebut-sebut akan secara otomatis memperlambat model iPhone lama, termasuk iPhone XS.

Update iOS terbaru mendeteksi bahwa baterai handset telah memburuk dan tidak lagi mampu mengatasi performa penuh dari chip Apple A12 yang kuat dan perangkat lunak yang menggunakannya.

Tujuannya adalah untuk membatasi kinerja prosesor dalam mengurangi jumlah daya yang dikonsumsi, sehingga dapat memeras lebih banyak daya dari satu pengisian daya.

Untungnya, Anda tidak diharuskan untuk menggunakan fitur ini jika tidak mau.

iPhone X dengan iOS 13. (Apple)
iPhone X dengan iOS 13. (Apple)

Menyusul serangan balik pada 2017 ketika fitur pelambatan CPU yang kontroversial ditemukan, ada cara untuk mematikannya dan dibutuhkan tidak lebih dari beberapa ketukan.

"Pertama dan terpenting, kami tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan apa pun untuk secara sengaja, mempersingkat masa pakai produk Apple, atau menurunkan pengalaman pengguna untuk mendorong peningkatan pelanggan," tegas Cupertino pada Desember 2017.

"Tujuan kami selalu menciptakan produk yang disukai pelanggan kami, dan membuat iPhone bertahan selama mungkin adalah bagian penting dari itu," tambahnya dilansir dari laman T3.

iOS 13.1 memperkenalkan fitur lain yang membuat frustrasi pemilik iPhone 11.

Sebuah pernyataan resmi yang dirilis oleh Apple awal bulan ini, perusahaan menjelaskan bagaimana keluarga iPhone 11 cukup pintar untuk dideteksi, ketika pekerjaan pemeliharaan belum dilakukan oleh teknisi Apple bersertifikat yang memperingatkan pengguna di layar kunci.

Sitem operasi iOS 13. [Macrumors]
Sitem operasi iOS 13. [Macrumors]

Pemberitahuan akan tetap di tempatnya selama empat hari berturut-turut, perusahaan itu mengungkapkan, sebelum pindah ke layar Pengaturan utama selama lima belas tahun berikutnya.

Dari sana, itu akan menjadi tempat tinggal permanen di bagian Tentang Ponsel, hingga masalah terselesaikan.

Sistem operasi iOS 13.3 juga menyatukan banyak perbaikan yang sangat dibutuhkan untuk masalah yang dibawa oleh versi pertama iOS 13, serta beberapa peningkatan stabilitas yang sangat disambut baik.

Secara keseluruhan, ini adalah pembaruan yang ingin diinstal oleh pengguna. Hanya jika Anda memiliki iPhone XR atau iPhone XS dan melihat ada sedikit penurunan dalam kinerja, Anda tahu penyebabnya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait