Gadget

Hapus 2 Aplikasi Ini dari Smartphone Android Kamu, Segera!

Cek smartphone Android kamu sekarang!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi adware di smartphone Android. (Pixabay)
Ilustrasi adware di smartphone Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Buat kamu pengguna Smartphone Android, waspadai dua aplikasi berbahaya ini. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,5 juta kali.

Dua aplikasi berbahaya ini sebelumnya sempat ada di Google Play Store. Namun kini telah dihapus dari pusat distribusi aplikasi untuk smartphone Android.

Kabarnya, kedua aplikasi tersebut telah menjalankan adware. Adware menyajikan iklan pop-up yang menghasilkan uang bagi pengembangnya setiap kali iklan diklik.

Meskipun adware sering kali lebih menyebalkan daripada yang lain, iklan yang mengganggu dapat menyebabkan masalah bagi pengguna karena iklan terus berjalan di latar belakang, berulang kali mengganggu penggunaan dan menguras baterai.

Kedua aplikasi berbahaya ini adalah Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera yang telah diperiksa oleh para peneliti di Wandera.

Keduanya dilengkapi dengan sejumlah izin tambahan yang menunjukkan bahwa aplikasi berbahaya tersebut dapat digunakan untuk perilaku yang lebih mengganggu jika diinginkan.

Kedua aplikasi diminta merekam audio, memungkinkan aplikasi menggunakan mikrofon untuk mendengarkan apa pun yang dikatakan pengguna di dekat perangkat kapan saja, serta sejumlah izin yang memungkinkan aplikasi untuk tetap ada di perangkat.

Aplikasi berbahaya di smartphone Android. (Google Play Store)
Aplikasi berbahaya di smartphone Android. (Google Play Store)

 

Sun Pro Beauty Camera awalnya dirilis pada September 2017 dan selama dua tahun di Play Store telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Sedangkan Funny Sweet Beauty Camera muncul pada Juli tahun ini dan diunduh lebih dari 500.000 kali hanya dalam dua bulan.

Keduanya diterbitkan oleh pengembang yang disebutkan, tetapi berhasil melewati pemeriksaan untuk toko aplikasi resmi Google.

"Ini bukan pertama kalinya kami melihat aplikasi buruk masuk ke toko aplikasi resmi. Sayangnya, pemeriksaan yang dilakukan oleh toko-toko resmi ini sebagian besar berfokus pada pengalaman pengguna," kata Dan Cuddeford, direktur teknik penjualan di Wandera dilansir dari laman ZDNet.

"Penulis malware sangat pandai menyembunyikan fungsi jahat, tetapi biasanya ada beberapa tanda," tambahnya.

Kedua aplikasi dikemas dengan alat berbahasa Mandarin yang mencegah APK dari aplikasi yang dibuka dan dianalisis.

Para peneliti menunjukkan bahwa ini bukan jaminan atas niat buruk mereka karena fungsi yang digunakan oleh banyak aplikasi game, penggunaannya dalam aplikasi selfie sederhana berpotensi menimbulkan pertanyaan.

Ilustrasi adware. [Shutterstock]
Ilustrasi adware. [Shutterstock]

 

Kedua aplikasi tersebut sekarang telah dihapus dari Google Play store dan para peneliti merekomendasikan bahwa buat Anda yang telah mengunduh aplikasi tersebut, harap segera menghapusnya.

Untuk membantu menghindari menginstal malware Android dan aplikasi berbahaya, Wandera merekomendasikan agar pengguna memeriksa izin yang diperlukan aplikasi untuk menginstal dan menghindari melakukannya jika mereka menuntut terlalu banyak akses ke smartphone.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk melihat ulasan aplikasi Android, baik Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie memiliki banyak ulasan bintang yang mengeluh tentang iklan pop-up yang mengganggu.

Itulah dua aplikasi berbahaya yang sebaiknya langsung hapus dari smartphone Android kamu sekarang juga. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait