Gadget

Ditemukan Malware yang Manfaatkan Celah WinRAR Berusia 19 Tahun

Segera update WinRAR milikmu sebelum terjangkit malware ini.

Agung Pratnyawan

Program kompresi file WinRAR. (RARlab)
Program kompresi file WinRAR. (RARlab)

Hitekno.com - WinRAR adalah salah satu program kompresi file yang populer digunakan. Mungkin kamu juga salah satu pengguna WinRAR di komputer.

Jika kamu pengguna WinRAR, sebaiknya segera update program kompresi file di komputer kamu tersebut. Karena ditemukan malware yang memanfaatkan WinRAR.

Pada 20 Februari 2019, Check Point Research yang menemukan malware yang bersemayam di WinRAR. Malware ini memanfaatkan celah yang ada di program kompresi file tersebut.

Yang mengherankan, celah WinRAR tersebut sudah ada sejak 19 tahun yang lalu. Dan kini dimanfaatkan untuk menyebarkan malware yang menjangkiti banyak komputer.

Dikutip dari Tom's Hardware, Check Point Research menyebutkan kalau malware ini cukup berbahaya. Disebutkan bisa mengambil alih penuh komputer yang terserang.

Program kompresi file WinRAR. (ghacks.net)
Program kompresi file WinRAR. (ghacks.net)

 

Malware ini bisa aktif hanya dengan meng-ekstrak file yang diarsipkan menggunakan program kompresi file WinRAR yang telah terjangkit.

Tanda-tandanya, WinRAR akan membuat shortcut di folder Start-up komputer tersebut. Dan meng-ekstrak file lain yang sebenarnya tidak tersimpan di dalam file RAR.

Check Point Research pun mendemonstrasikan seperti apa malware ini mengeklpoitasi program WinRAR dalam aksinya. Seperti apa, simak video berikut ini.

Malware ini memanfaatkan celah masalah pada Dynamic Link Library (DLL) yang telah di compile sejak 2006 yang lalu tanpa proteksi.

Semenjak Check Point Research mengumumkan temuannya, McAfee Labs juga menemukan lebih dari 100 eksploit unik yang menargetkan pengguna di Amerika Serikat.

Menanggapi temuan malware yang memanfaatkan celah WinRAR ini, RARlab sebagai developer telah merilis update baru untuk menanganinya.

Pada 26 Februari 2019 kemarin, RARlab telah merilis WinRAR 5.70. Update ini diklaim telah menghapus celah WinRAR yang berbahaya tersebut.

Buat kamu pengguna program kompresi file ini, segera update WinRAR sekarang juga. Pastikan kalau kamu pakai WinRAR versi terbaru.

Berita Terkait