Gadget

Bocoran Terbaru Qualcomm Snapdragon 865, Bawa Performa Buas!

Snapdragon 865 memiliki peningkatan performa signifikan dibandingkan SD 855.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi chipset Snapdragon. (Qualcomm)
Ilustrasi chipset Snapdragon. (Qualcomm)

Hitekno.com - Produsen raksasa pembuat chip asal Amerika Serikat, Qualcomm, bersiap meluncurkan chipset flagship anyarnya pada akhir tahun 2019. Menjelang peluncuran, salah satu leaker populer internasional membocorkan fitur apa saja yang akan dibawa Qualcomm Snapdragon 865.

Leaker populer, Roland Quant mengklaim bahwa kode chipset next-gen yang akan disebut Qualcomm Snapdragon 865 memiliki nomor model SM8250.

Sebelumnya, ia telah mengungkapkan bahwa chipset akan datang dengan dua kode nama yaitu Kona dan Huracan.

Kedua varian akan memiliki dukungan LPDDR5X RAM dan penyimpanan flash UFS 3.0.

Perbedaan utama antara kedua varian adalah bahwa salah satu chipset kemungkinan terintegrasi dengan model 5G (SDX55) sementara yang lain tidak.

Ilustrasi smartphone menggunakan chipset Snapdragon. (Qualcomm)
Ilustrasi smartphone menggunakan chipset Snapdragon. (Qualcomm)

 

Chipset versi 5G diprediksi akan disematkan sebagai jantung pacu milik Samsung Galaxy S11 yang diharapkan akan datang pada Maret 2019.

Snapdragon 865 juga telah dikonfirmasi akan diproduksi secara massal oleh Samsung.

Chipset flagship ini berjalan dengan frekuensi dasar 1,8 GHz dan memiliki 8 core.

Kemungkinan, chipset mempunyai dua susunan core seperti SD 855 yaitu Gold dan Silver.

Empat core Gold akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi untuk tugas-tugas berat sementara empat core Silver lainnya berfungsi sebagai efisiensi.

Roland Quant memprediksi bahwa Snapdragon 865 akan membawa performa signifikan dibandingkan sang pendahulu, Qualcomm Snapdragon 855.

Bocoran skor Geekbench Snapdragon 865. (Geekbench via Slashleaks)
Bocoran skor Geekbench Snapdragon 865. (Geekbench via Slashleaks)

 

Dikutip dari Tech Radar, bocoran dari Roland Quant sejalan dengan bocoran yang diungkapkan oleh situs Slashleaks, terkait dengan performa milik Snapdragon 865.

Dalam tes benchmark Geekbanch milik perangkat yang mengusung Qualcomm Snapdragon 865, skor yang dihasilkan sangat mengesankan.

Menggunakan nama model "Qualcomm Kona for arm64", perangkat dengan RAM 6 GB dan chipset SD 865 ini meraih performa single-core sebesar 4.149 poin dan performa multi-core sebesar 12.915.

Salah satu sampel pada tes Geekbench untuk SD 855 dengan RAM 6 GB, chipset tersebut memiliki performa single-core 3.697 poin sementara performa multi-core miliknya sebesar 10.469.

Hal yang sangat menarik adalah terdapat peningkatan lebih dari 20 persen pada performa skor multi-core milik Qualcomm Snapdragon 865.

Berita Terkait