Gadget

Apple Luncurkan iPad Baru, Lebih Bertenaga Tapi Tetap Irit

Penyegaran pada lini iPad yang lebih optimal dengan iPadOS.

Agung Pratnyawan

iPad Baru generasi ke-7. (Apple)
iPad Baru generasi ke-7. (Apple)

Hitekno.com - Dalam event terbarunya, Apple mengenalkan sejumlah produk terbaru. Termasuk dengan iPad baru yang mendapatkan sejumlah perbaikan dari generasi sebelumnya.

Kini iPad baru generasi ke-7 ini telah diciptakan dengan dukungan penuh pada iPadOS, sistem operasi turunan dari iOS yang dioptimalkan untuk tablet.

iPad baru ini mengusung layar 10,2 inci dengan panel IPS bukan OLED. Meski begitu sudah Retina display dengan resolusi 2160x1620 264 ppi dan kecerahan 500 nits.

Kini Apple menyematkan chip A10 Fusion, bukan chip baru namun masih cukup bertenaga. Ditunjang pilihan memori internal 32 GB dan 128 GB.

Meski lebih bertenaga, Apple mengklaim iPad generasi ke-7 ini punya baterai yang irit. Namun sayang masing menggunakan port Lightning, bukan USB-C.

Dilengkapi kamera belakang 8 MP f/2.4 yang bisa merekam video 1080p 30 fps, dan slo-mo 720p 120 fps. Kamera depan 1,2 MP f/2.2 untuk FaceTime.

Namun yang diunggulkan iPad baru ini adalah optimalisasi iPadOS. Dari multitasking, dan beragam gestur yang memudahkan sebagai pengganti laptop.

iPad Baru generasi ke-7. (Apple)
iPad Baru generasi ke-7. (Apple)

 

Apple juga menyediakan dukungan Smart Keyboard dan Apple Pencil untuk menunjang iPad generasi ke-7 ini. Yang keduanya lebih optimal bersama iPadOS.

Soal harga, iPad baru versi 32 GB dijual 329 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 jutaan. Sedangkan versi 128 GB dihargai 429 dolar AS atau Sekitar Rp 6 jutaan.

Apple telah membuka pre order untuk iPad baru ini. Namun baru akan memasarkannya pada 30 September 2019. Berminat dengan iPad generasi ke-7 ini?

Berita Terkait