Gadget

Penjualan Terus Melorot Digerus Huwei, Apple Siapkan iPhone Murah

Apple harus segera bertindak mengejar ketinggalan dari Huawei.

Agung Pratnyawan

iPhone SE. (Apple)
iPhone SE. (Apple)

Hitekno.com - Apple pernah menghadirkan smartphone murah dari varian iPhone. Yaitu iPhone SE yang dikenalkan pada Maret 2016 yang lalu.

Seolah ingin mengulang kesuksesan iPhone SE, Apple diprediksi akan meluncurkan kembali smartphone baru dalam versi lebih murah.

Kala itu iPhone SE digemari bukan hanya karena harganya yang murah. Namun iPhone murah ini mendapatkan tempat di hati penggemar iPhone berlayar kecil.

Seperti diketahui, Apple juga sempat meluncurkan iPhone XR sebagai varian murah dari iPhone XS. Namun iPhone murah tersebut masih dianggap terlalu mahal.

Seperti dimuat Nikkei Asian Review, para analis percaya kalau Apple menyiapkan smartphone baru yang lebih murah dari iPhone XR.

Bahkan disebutkan, iPhone murah ini adalah penerus dari kesuksesan iPhone SE. Yang kala itu hadir dengan harga 399 dolar AS saja.

Analis percaya keputusan membuat iPhone murah ini datang di tengah masa sulit bagi Apple. Di mana Apple melaporkan terjadinya penurunan pengiriman dan permintaan iPhone.

iPhone SE. (Apple)
iPhone SE. (Apple)

 

Penurunan ini dimulai dari tahun 2018 lalu, dan makin anjlook pada musim panas kali ini. Di mana Apple harus kengilangan posisi no. 2 dalam produsen smartphone dunia.

Seperti diketahui, Huawei merebut posisi kedua dalam produksi smartphone dunia di bawah Samsung. Posisi yang selama ini dipegang Apple.

Hal ini terjadi karena munculnya sentimen pada produk Amerika Serikat di pasar China sebagai dampak dari perang dagang antara dua negara tersebut.

Menurut data IDC, juga terjadi tren penurunan pasar smartphone global. Malah selama tiga kuartal berturut-turut terjadi penurunan pangsa pasar.

Ditambah lagi harga iPhone XS Max yang sudah menyentuh angka 1.099 dolar AS saat peluncuran dianggap masih terlalu mahal untuk kebanyakan pasar negara berkembang.

Apple iPhone 8 Plus. (Apple)
Apple iPhone 8 Plus. (Apple)

 

Untuk membangkitkan kembali penjualan, Analis percaya Apple akan menyiapkan iPhone murah. Perangkat yang dianggap sebagai penerus iPhone SE di 2016 lalu.

Mengutip dari GSM Arena, smartphone murah Apple ini nanti diduga akan memakai ukuran iPhone 8 dengan layar LCD 4,7 inci.

Bukan layar OLED yang digunakan iPhone XS. Disebutkan JDI dan LG Display akan menjadi suplier layar LCD iPhone murah ini nanti.

Dari sisi teknologi lainnya, akan seperti halnya dengan iPhone SE di masanya yang tidak memakai chipset dan kamera paling canggih saat ini.

Analis memprediksi smartphone murah penerus iPhone SE ini akan muncul di 2020. Apakah iPhone murah ini bisa mendongkrak penjualan Apple nanti?

Berita Terkait