Gadget

Duel Smartphone Lawas, iPhone SE vs iPhone 6 yang Makin Murah

iPhone baru makin mahal, smartphone lawas Apple ini jadi solusinya.

Agung Pratnyawan

iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)
iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Meski lama, iPhone tetap banyak yang mencari. Tak hanya karena prestise, namun ekosistem Apple memang menarik. Jika mencari smartphone lawas dari Apple, pilih mana iPhone SE vs iPhone 6.

Meski sudah ada iPhone XS dan iPhone XR, smartphone lawas Apple tetap menarik. Selain jauh lebih murah, namun tetap bisa merasakan ekosistem Apple.

Dari iMessage, iCloud, hingga kemudahan untuk terhubung dengan perangkat Apple lainnya. Tidak ketinggalan kualitas foto dari kamera iPhone yang mengagumkan.

Belum lagi dukungan update aplikasi ternama yang tak semulus di Android. Misalnya, hasil video Instagram Stories di iPhone lebih bening dibandingkan kebanyakan Android.

Ketika mencari smartphone lawas Apple paling terjangkau, saat ini pilihannya jatuh di antara iPhone SE vs iPhone 6. Mana yang paling menarik?

Berikut ini perbandingan antara iPhone SE vs iPhone 6 sebagai smartphone lawas Apple yang menarik untuk di pinang pada 2019 ini.

Spesifikasi dan dapur pacu

iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)
iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)

 

Jangan salah, iPhone SE ternyata punya dapur pacu lebih muda dibandingkan iPhone 6. Dengan mengandalkan chipset Apple A9 14 nm berisi dual-core 1,84 GHz Twister.

Sedangkan iPhone 6 memakai Apple A8 20 nm dual-core 1,4 GHz Typhoon. Soal GPU, iPhone SE juga lebih unggul dengan Power VR GT7600 six-core lawan iPhone 6 PowerVR GX6450 quad-core.

Soal RAM, iPhone SE disematkan 2 GB sedangkan iPhone 6 hanya 1 GB. Namun soal baterai, iPhone 6 unggul dengan 1.810 mAh sedangkan iPhone SE hanya 1.624 mAh.

Begitu juga soal layar, iPhone 6 punya layar lebih besar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 750x1334 piksel. Sedangkan iPhone SE 4 inci 640x1146 piksel.

Perlu kamu ketahui, iPhone SE memang lebih mudah karena diluncurkan pada 2016. Sedangkan iPhone 6 sudah beredar sejak 2014 lalu.

Kapasitas penyimpanan

iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)
iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)

 

Memory internal jadi penting di iPhone karena tidak adanya slot memory eksternal seperti microSD. Karena itu, sekali beli iPhone kamu harus bertahan dengan kapasitasnya.

Keduanya memang tersedia kapasitas memory internal dari 16 GB hingga 128 GB. Namun sayangnya iPhone 6 lebih banyak beredar kapasitas 16 GB.

Kapistas 16 GB tak akan bertahan lama untuk smartphone lawas ini. Sedangkan iPhone SE lebih banyak tersedia di pasaran untuk kapasitas 64 GB dan 128 GB.

Kualitas Kamera

iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)
iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)

 

Lagi-lagi iPhone SE yang lebih mudah punya keunggulan dibandingkan iPhon 6. Soal kamera, terutama video iPhone 6 lebih ketinggalan.

iPhone 6 memakai kamera utama 8 MP f/2.2 yang mampu merekam video 1080p 60 fps. Sedangkan iPhone SE memakai 12 MP f/2.2 yang mampu merekam video 4k 30 fps.

Soal kamera selfie, keduanya sama memakai sensor 1,2 MP f/2.4. Walau begitu, kualitas foto kedua smartphone lawas ini tak diragukan lagi.

Harga iPhone SE vs iPhone 6

iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)
iPhone SE vs iPhone 6. (HiTekno.com)

 

Dua smartphone lawas Apple ini punya harga yang sudah sangat terjangkau. Kamu masih bisa mendapatkan dalam kondisi baru sisa stok.

Di berbagai marketplace pada 2019 ini, harga iPhone SE sangat menarik. Karena kamu bisa mendapatkan di harga mulai dari Rp 1,6 juta tergantung kapasitas penyimpanan.

Sedangkan iPhone 6 malah dihargai lebih mahal. Dimulai dari Rp 2 jutaan tergantung dari kapasitas penyimpanannya juga. Keduanya sudah di harga yang sangat terjangkau saat ini.

Itulah perbandingan dua smartphone lawas antara iPhone SE vs iPhone 6 yang sama-sama menarik. Mana yang jadi pilihan kamu sekarang?

Berita Terkait