Gadget

Kabar Gembira, Xiaomi Mulai Uji Opsi Mematikan Iklan di MIUI

Apakah Xiaomi mau mematikan iklan di MIUI?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone Xiaomi dengan MIUI 11. (HiTekno.com)
Ilustrasi smartphone Xiaomi dengan MIUI 11. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Xiaomi dapat kritikan karena pasang iklan di antarmuka MIUI yang mereka pakai. Banyak pengguna smartphone Xiaomi maupun Realme banyak yang berusaha mematikan iklan di MIUI.

Perusahaan asal China ini tidak tinggal diam mendapatkan banyak kritikan ini. Xiaomi berjanji untuk membuat antarmuka MIUI lebih baik lagi, termasuk dalam urusan dengan iklan.

Awalnya Xiaomi tidak berjanji untuk mematikan iklan di MIUI mereka. Namun kabar gembira, karena ada tanda-tanda Xiaomi mulai memoles MIUI agar bisa tanpa iklan.

Diwartakan Android Authority, Xiaomi sedang melakukan pengujian untuk memungkinkan mematikan iklan di MIUI. Seperti apa maksudnya?

Seorang perwakilan Xiaomi mengungkap adanya kemungkinan untuk mematikan iklan tertentu di MIUI. Saat ini fitur ini sedang China.

"Dapat mengkonfirmasi bahwa (fitur mematikan iklan di MIUI) sedang diuji. MIUI di China akan mendapatkan update dengan opsi untuk mematikan tampilan iklan di MIUI 9.8.29," ungkap juru bicara Xiaomi.

"Ini bakal memperngaruhi aplikasi (Calendar, installer, Download Mangaer, dan lainnya). Sedangkan untuk waktu penyebarannya, saat ini saya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut," tambahnya.

Xiaomi Redmi Note 5. (HiTekno.com/ Agung Pratnyawan).
Xiaomi Redmi Note 5. (HiTekno.com/ Agung Pratnyawan).

 

Sebelumnya, Android Authority juga semapt melaporkan kalau Xiaomi sedang melakukan pengujian fitur bernama Ad Switch yang terpasang di MIUI.

Fitur Ad Switch ini bisa mematikan iklan di system tool MIUI lewat sebuah toggle opsi. Yang nantinya dapat diakses lewat Setting > Privacy Agreement, etc > System tool Adevertising.

Sayangnya pengaturan ini baru bisa diakses oleh sejumlah pengguna smartphone Xiaomi maupun Realme di China lewat versi development MIUI 10.

Xiaomi masih akan melakukan pengujian opsi mematikan iklan di MIUI ini. Dan nantinya tidak menutup kemungkinan untuk diberikan secara global.

Namun perlu diingat, opsi mematikan iklan di MIUI ini hanya untuk iklan tertentu. Bukan berarti Xiaomi sepenuhnya mencabut iklan mereka di antarmuka MIUI.

Berita Terkait