Gadget

Ini Alasan Apple Beli Divisi Modem Smartphone Intel Seharga Rp 13 Triliun

Apple telah resmi membeli divisi modem smartphone Intel semahal itu, untuk apa?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi perangkat Apple dan Intel. (MacRumors)
Ilustrasi perangkat Apple dan Intel. (MacRumors)

Hitekno.com - Apple mengumumkan mereka telah membeli divisi modem smartphone milik Intel. Sebelumnya memang telah santer dirumorkan hubungan antara kedua perusahaan ini.

Melalui situs resminya, Jumat (26/7/2019), Apple resmi mengumumkan kalau mereka membeli divisi modem smartphone Intel tersebut sebesar 1 miliar dolar AS atau Rp 13 triliun.

Sebelumnya, memang Apple ingin melepaskan diri pada ketergantungan pada modem smartphone dari Qualcomm. Perusahaan AS ini berusaha untuk mencari alternatifnya.

Dan Intel juga sempat mengembangkan modem smartphone yang cukup menjanjikan. Sayangnya, modem tersebut bermasalah dengan lisensi Qualcomm.

Ketiga perusahaan asal AS ini pun pernah saling berkonflik terkait modem smartphone. Yang pada akhirnya selesai secara damai di pengadilan.

Hasil keputusan juga memaksa Intel untuk keluar dari bisnis modem smartphone. Beruntung, Apple mau menampung divisi yang telah dibentuk Intel untuk modem smartphone.

Nantinya sekitar 2.200 karyawan Intel yang tergabung dalam divisi ini bakal bergabung ke Apple. Berikut juga dengan intelektual properti, peralatan, dan lain-lain.

Modem Intel XMM 8160 5G. (Intel)
Modem Intel XMM 8160 5G. (Intel)

 

Dengan pembelian ini, Apple telah mengumpulkan sekitar 17.000 paten terkait teknologi wireless. Termasuk yang sebelumnya milik Intel.

Dimulai dengan protokol seluler, arsitektur dan operasional modem. Yang akan memperkuat Apple dalam mengembangkan sendiri modem smartphone.

Sedangkan di Intel, mereka masih bisa mengembangkan modem namun bukan untuk smartphone. Melainkan untuk PC, perangkat IoT, dan kendaraan otonom.

Apakah nantinya Apple akan mandiri memiliki modem smartphone tanpa ketergantungan pada Qualcomm lagi? Kita lihat saja pada iPhone generasi mendatang.

Berita Terkait