Gadget

Smartphone Redmi dengan Kamera 64 MP Habiskan Banyak Memori

Dengan Kamera 64 MP, file foto yang dihasilkan sangatlah besar.

Agung Pratnyawan

Xiaomi Redmi Note 5. (HiTekno.com/ Agung Pratnyawan).
Xiaomi Redmi Note 5. (HiTekno.com/ Agung Pratnyawan).

Hitekno.com - Sub-brand Xiaomi, Redmi sedang menyiapkan smartphone baru dengan kamera 64 MP. Dengan resolusi sebesar ini pastinya foto yang dihasilkan berukuran besar.

Tidak hanya resolusi fotonya yang besar, namun juga ukuran file yang besar. Bakal butuh tempat penyimpanan lebih besar lagi.

Mengutip dari GSMArena, file foto kamera 64 MP pada smartphone baru Redmi ini bakal berukuran 20 MB. Ukuran yang cukup besar untuk smartphone.

Untuk hasil foto smartphone dengan kamera 48 saja sudah menghasilkan 16 MB. Apakah peningkatan 4 MB ini dapat meningkatkan kualitas fotonya?

Seharusnya iya, karena ukuran file lebih besar dapat menyimpan informasi yang lebih banyak. Ini berguna untuk post-processing atau editing.

Namun dampak negatifnya, pengguna bakal cepat kehabisan memori mereka. Apalagi bagi yang suka foto-foto dengan smartphone mereka.

Jika smartphone baru Redmi ini nanti memiliki memori eksternal, pastinya butuh microSD yang berkecepatan tinggi pula untuk menyimpannya.

Teaser Kamera 64 MP Redmi. (Redmi)
Teaser Kamera 64 MP Redmi. (Redmi)

 

Soal peningkatan kualitas foto, kita bisa berkaca dari hasil kamera 48 MP yang sudah ada. Apakah menghasilkan perbedaan kualitas yang signifikan?

Secara hasil jadi, tidak foto kamera 48 MP tidak begitu jauh dari 12 MP. Karena memakai teknik interpolasi yang tujuannya mendongkrak resolusi foto.

Begitu juga dengan kamera 64 MP ini nanti, juga memakai interpolasi Quad-Bayer. Namun bukan dari 12 MP, melainkan sensor 16 MP.

Apakah kamera 64 MP ini hanya jadi gimmick marketing saja, atau Redmi akan membuat kejutan di smartphone baru ini nanti?

Berita Terkait