Gadget

Wajah Tua dengan Aplikasi FaceApp, Ini Dampak Psikologis yang Didapatkan

Apakah kamu ikutan bikin foto wajah tua dengan aplikasi FaceApp juga?

Agung Pratnyawan

Agnez Mo ikutan gunakan aplikasi FaceApp. (Instagram/@agnezmo)
Agnez Mo ikutan gunakan aplikasi FaceApp. (Instagram/@agnezmo)

Hitekno.com - Foto dengan wajah tua sedang menjadi tren saat ini, banyak netizen berbagai kalangan mencoba membuatnya. Foto semacam ini bisa dibuat dengan aplikasi yang bernama FaceApp.

Aplikasi ini akan mengolah foto wajah seseorang seperti effek yang diminta. Dari wajah tua, jadi makin muda, ganti gender, dan masih banyak lainnya.

Tahukah kamu, aplikasi ini punya dampak psikologis pada penggunanya. Mengutip Bussines Insider, aplikasi FaceApp ini memiliki efek psikologis yang baik.

Termasuk bagi pengguna, diantaranya adalah mengabadikan kelemahan Anda tatkala menjadi tua, dan di sisi lain, aplikasi ini juga membantu orang dewasa (yang sangat heboh jika menjadi tua) berdamai dengan usia mereka.

Business Insider berbicara dengan psikolog kepribadian sosial bernama William Chopik yang juga sebagai profesor di Michigan State University, tentang efek psikologis menjadi orang lanjut usia di FaceApp.

"Ini mungkin tampak seperti hiburan yang menyenangkan, tetapi ada dua efek psikologis potensial, yakni baik dan buruk. Filter itu baik untuk Anda menghadapi usia tua," seru Chopik.

"Orang-orang secara alami tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang diri mereka sendiri, ini seperti aplikasi yang memprediksi atau ramalan, orang-orang suka ini dan berguna," tambah Chopik.

Aplikasi wajah tua, FaceApp [Instagram/ @bclsinclair]
Aplikasi wajah tua, FaceApp [Instagram/ @bclsinclair]

 

Chopik mengingatkan akan sebuah studi pada 2013 yang membuat kita tidak mengabaikan masa depan.

Dalam studi tersebut, mahasiswa diperlihatkan versi paruh baya 20 tahun lebih tua dari diri mereka sendiri, dan kemudian diminta untuk memainkan permainan trivia. 

Mereka juga diberi kesempatan untuk curang di game itu. Ternyata para responden dengan versi paruh baya 74 persen memiliki kecil kemungkinan untuk berbuat curang. 

Ini artinya adalah kita cenderung mengambil keputusan yang buruk ketika kita muda, dan memiliki pemahaman yang lebih jelas (semakin bijak, dan jujur) ketika kita sedang menua.

Seperti diketahui, aplikasi ini dirilis pada tahun 2017, aplikasi ini mendapatkan beberapa perhatian media sosial utama, dengan selebriti seperti Gordon Ramsay, Drake, dan Jonas Brothers memposting foto diri mereka sebagai orang yang semakin mempopulerkan aplikasi ini karena menjadi terlihat lebih tua.

Aplikasi FaceApp untuk Android . (Google Play Store)
Aplikasi FaceApp untuk Android . (Google Play Store)

 

Itulah dampak psikologis pada pengguna aplikasi FaceApp ini. (Suara.com/ Ade Indra Kusuma).

Berita Terkait