Gadget

Dibekali AI, Aplikasi Kamera Ini Bisa Hapus Orang di Foto

Aplikasi ini gunakan algoritma open-source yang disebut YOLO (You Only Look Once) untuk mengidentifikasi orang.

Dinar Surya Oktarini

Aplikasi Bye Bye Camera. (AppStore)
Aplikasi Bye Bye Camera. (AppStore)

Hitekno.com - Aplikasi editing foto kini makin canggih dan makin beragam jenisnya, salah satunya aplikasi iOS bernama Bye Bye Camera ini yang dapat menghapus orang dari gambar dan menghadirkan mereka dalam foto.

Bye Bye Camera ini merupakan aplikasi berbayar yang hanya ada di App Store dapat menghapus banyak orang dan menghindari kekacauan dalam foto.

Dibekali dengan teknologi artificial intelligence ini, pengguna bisa sangat mudah menghilangkan kekacauan tersebut tanpa harus ribet menggunakan Photoshop.

Dilansir dari laman The Verge, aplikasi yang diciptakan oleh Damjanski dan dua orang temannya yang merupakan bagian dari Do Something Good, sebuah inkubasi kolektif di mana coders dan seniman membuat sebuah proyek, salah satunya adalah aplikasi Bye Bye Camera ini.

Perangkat lunak di balik kerja aplikasi ini cukup mudah, aplikasi ini menggunakan algoritma deteksi objek open-source yang disebut YOLO (You Only Look Once) untuk mengidentifikasi orang.

Open-source ini dikombinasi dengan sistem AI untuk mengisi ketidakhadiran mereka.

Aplikasi Bye Bye Camera. (AppStore)
Aplikasi Bye Bye Camera. (AppStore)

 

Damjanski tidak menjeleaskan secara rinci tentang proyek aplikasi ini, tetapi algoritma pengecatan sepeti itu sudah banyak dilakukan.

Nvidia salah satunya yang telah menciptakan sejumlah alat AI yang menghasilkan pemandangan dan bangunan berdasarkan gambar pengguna.

Sementara itu ''Fill-aware content'' menawarkan penghapusan yang lebih halus bahkan dalam video.

Damjanski mengatakan bahwa ia melihat aplikasi Bye Bye Camera sebagai alat artistik dan menikmati kesalahan yang dibuatnya.

Jika pengguna mencobanya pada orang-orang aplikasi ini malah berfungsi dengan baik pada karya seni.

Aplikasi Bye Bye Camera ini dijual di App Store seharga 2,99 dolar AS atau sekitar Rp 45 ribu.

Berita Terkait