Gadget

WWDC 2019: Apple Kenalkan iPadOS untuk Gantikan iOS di iPad

iPadOS gantikan iOS yang dipakai iPad.

Agung Pratnyawan

Apple rilis sistem operasi iPadOS di WWDC 2019. (Apple)
Apple rilis sistem operasi iPadOS di WWDC 2019. (Apple)

Hitekno.com - Tablet Apple selama ini memakai sistem operasi iOS yang sedikit berbeda dengan versi iPhone. Namun dalam Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019, Apple kenalkan iPadOS untuk digunakan dalam iPad.

Dalam WWDC 2019 yang digelar di California, Amerika Serikat pada 3-7 Juni 2019, Apple mengungkap kalau sistem operasi ini didesain spesial khusus untuk iPad.

Lantas, apa saja fitur yang diusung iPad OS? Berikut ulasannya.

Mode Gelap

Melalui siaran persnya, Apple menyebut mode gelap pada iPadOS sanggup menghadirkan skema warna gelap yang dramatis di seluruh sistem, sehingga lebih ramah terhadap kesehatan mata.

Custom Fonts

Custom fonts dapat diinstal untuk digunakan di seluruh sistem dan diaplikasikan dalam membuat dokumen di iPad. Beberapa tipe Font yang bisa digunakan anyara lain seperti Adobe, DynaComware, Monotype, Morisawa, dan Founder.

Floating Keyboard

Papan ketik pada iPad ini diklaim Apple mampu menghemat ruang (penyimpanan data) dan memudahkan pengetikan dengan satu tangan.

Pengguna iPad terbaru hanya cukup 'mencubit' layar untuk mengaktifkan mode keyboard ini dan menariknya ke bagian layar tertentu.

Apple rilis sistem operasi iPadOS di WWDC 2019. (Apple)
Apple rilis sistem operasi iPadOS di WWDC 2019. (Apple)

 

Foto

Soal galeri foto, iPadOS akan mengkurasi dan memilih foto dari galeri untuk menyoroti gambar terbaik secara otomatis.

Selain itu, sistem juga akan menandai foto-foto yang dianggap penting oleh penggunanya, lengkap disertai dengan keterangan hari, tanggal, dan lokasi pengambilan foto.

iPadOS juga memiliki fitur pengeditan foto dan video yang lebih intuitif karena dilengkapi dengan tools baru yang mudah digunakan.

Sign In dengan Apple ID

Meskipun iPadOS merupakan sistem operasi yang baru, namun pengguna iPad hanya perlu mendaftarkan Apple ID mereka untuk bisa mencicipi OS ini.

Peta

Peta digital pada iPadOS bisa menampilkan bangunan-bangunan di sekitar jalan dalam format 3D.

Peningkatan Performa

Apple membuat seluruh sistem lebih responsif, mulai dari membuka Face ID yang kini lebih cepat, menemukan cara baru untuk mengonversi aplikasi iPad di App Store yang mengurangi ukuran unduhan hingga 50 persen, membuat pembaruan aplikasi hingga 60 persen lebih kecil, hingga menghasilkan peluncuran aplikasi dengan waktu yang dua kali lebih cepat.

Itulah sekilas mengenai iPadOS yang diluncurkan Apple saat WWDC 2019. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait