Gadget

Kenalkan iOS 13 di WWDC 2019, Fitur Dark Mode Apple Curi Perhatian

Di panggung yang sama, Apple melalui Federighi menampilkan bagaimana fitur dark mode bekerja di aplikasi-aplikasi Apple.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

WWDC 2019. (Apple)
WWDC 2019. (Apple)

Hitekno.com - Apple diketahui tengah menggelar WWDC 2019 di Amerika Serikat. Panggung ini dimanfaatkan Apple untuk memperkenalkan berbagai fitur dan produk terbaiknya. Tidak terkecuali iOS 13 dengan fitur dark mode teranyarnya.

Kabar mengenai kedatangan iOS 13 memang sudah terdengar lama dan membuat excited siapa saja, terutama pengguna Apple.

Salah satu yang membuat begitu excited menyambut iOS 13 adalah fitur dark mode bawaannya. Bukan kabar baru mengenai kedatangan fitur dark mode. Pasalnya, isu ini sudah ramai berhembus sejak rilisnya beberapa iOS yang lalu.

Dilansir dari The Verge, Senoir VP of Engineering Apple, Craig Federighi menjelaskan di atas panggung WWDC 2019 mengenai kedatangan iOS 13 dengan fitur dark mode. Craig Federighi menyebutkan jika seluruh aplikasi yang dibuat Apple sudah mendukung tampilan dark mode.

Di panggung yang sama, Apple melalui Federighi menampilkan bagaimana fitur dark mode bekerja di aplikasi-aplikasi Apple seperti Maps, Notes, Calendar, Music, hingga Messages.

Fitur Dark Mode. (Apple)
Fitur Dark Mode. (Apple)

 

Makin membuat excited menyambut iOS 13 dengan fitur dark mode, Apple menjelaskan jika nantinya iPad juga akan menikmati fitur yang sama pada iPadOS.

Untuk menggunakan fitur dark mode pada iOS 13 ini, pengguna hanya perlu mengaktifkannya secara manual maupun otomatis sesuai waktu yang diinginkan atau pada saat matahari terbenam.

Selain membuat bersemangat dengan kedatangan dark mode pada iOS 13, Apple juga menyampaikan beberapa pembaruan lainnya untuk sistem operasi anyarnya ini.

iOS 13 dipastikan membawa banyak perubahan untuk penggunanya. Sistem operasi ini dipastikan dapat membuka aplikasi dua kali lebih cepat pada fitur Face ID yang digunakannya.

Pada aplikasi Reminder, Apple memberikan tambahan pilihan seperti Today, Scheduled, Flagged, dan All untuk dapat melakukan filter sesuai tugas yang diinginkan pengguna.

Tidak hanya aplikasi Reminder, Apple juga memberikan sentuhan baru untuk Mail, Notes, dan Safari. Apple Maps juga nantinya akan dibekali dengan beberapa kemampuan layaknya Google Street View.

Sedangkan pada aplikasi WhatsApp, pengguna nantinya dapat menampilkan foto profil ke pengguna lainnya dengan menggunakan Memoji.

Aplikasi Photos juga mendapat pembaruan dengan machine learning yang dapat secara otomatis membuang foto yang telah terduplikasi. Selain itu, Apple juga menyediakan fitur edit untuk foto dan video.

Untuk fitur edit video, pengguna nantinya dapat menambahkan fitur highlights, shadows, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan noise reduction.

Yang tidak kalah penting, Apple membekali iOS 13 dengan peningkatan privasi yang membuat pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi pada aplikasi. Hal ini dibuat untuk mencegah pengguna dari mata-mata.

Sudah cukup tertarik menyambut iOS 13 dengan fitur dark mode milik Apple? Kamu perlu bersabar ya, karena versi beta dari iOS 13 baru akan rilis akhir bulan ini. Sedangkan untuk versi final akan rilis beberapa bulan lagi untuk iPhone 6s ke atas.

Berita Terkait