Gadget

Perlu Diketahui, Ini 12 Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Hemat baterai smartphone selama perjalanan mudik hingga sampai kampung halaman.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)
Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)

Hitekno.com - Selama perjalanan mudik Lebaran pasti dong butuh smartphone untuk komunikasi dan hiburan. Namun baterai smartphone kamu sudah cukup mumpuni untuk sepanjang perjalanan?

Nggak maukan mati gaya selama perjalanan karena smartphone kehabisan baterai. Atau smartphone tidak bisa dipakai ketika situasi genting.

Karena itu, kamu harus menjaga baterai smartphone kamu selama perjalanan mudik Lebaran ini. Jika perlu sampai tiba di kampung halaman.

Memang ada banyak solusi, jika kehabisan baterai selama perjalanan. Dari memakai power bank, hingga charger di dalam kendaraan.

Charger kadang tersedia di mobil pribadi, namun terbatas dan harus bergantian dengan yang lain. Di kendaraan umum, riskan smartphone hilang.

Power bank pun juga terkadang harus bergantian dengan yang lain. Belum lagi power bank juga punya baterai terbatas yang bisa saja kehabisan.

Pastinya ada dong cara hemat baterai smartphone selama perjalanan mudik lebaran. Yang lebih penting lagi, tidak perlu mematikan smartphone.

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay/ReadyElements)
Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay/ReadyElements)

Berikut ini tips hemat baterai smartphone Android saat mudik Lebaran agar tetap bisa diandalkan.

1. Cek aplikasi yang paling boros

Lihat daftar aplikasi mana yang memakai baterai paling banyak. Jika tidak benar-benar penting, lebih baik matikan dan tidak dipakai sepanjang perjalanan.

Untuk melihatnya, kamu bisa masuk ke setting/pengaturan lalu ke Battery dan ke Battery Usage/Power Usage. Di situ akan daftarnya.

2. Jangan kebanyakan aplikasi jalan di background

Semakin banyak aplikasi berjalan di background makin banyak daya baterai yang disedot. Jika aplikasi tidak dibutuhkan matikan saja termasuk di background.

3. Matikan sinyal radio yang tak dipakai

Beberapa fitur di smartphone yang memanfaatkan sinyal radio akan memakan daya yang tidak sedikit. Seperti NFC, GPS, dan Wi-Fi. Jangan lupa matikan jika sudah tidak dipakai lagi.

4. Turunkan brightness layar

Layar menjadi salah satu bagian smartphone yang paling banyak memakan baterai. Jangan gunakan auto brightness, tapi atur manual jika perlu turunkan ke tingkat paling rendah.

5. Wallpaper gelap dan tampilan ringan

Layar tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika tampilan lebih gelap. Wallpaper warna gelap akan membantu menghemat baterai dari layar.

Gunakan juga widget dan tampilan yang ringan untuk membantu hemat baterai smartphone. Jangan pakai widget yang memiliki animasi dan berat untuk dijalankan.

6. Matikan notifikasi yang tak penting

Jangan anggap remeh notifikasi, karena tetap akan memakan daya baterai. Pastikan notifikasi yang nyala hanya dari aplikasi yang penting.

7. Update OS dan aplikasi sebelum berangkat mudik Lebaran

Update sistem operasi dan aplikasi pasti membutuhkan koneksi untuk mendownload. Sehari sebelum berangkat, update seluruh OS dan aplikasi agar di perjalanan tak perlu update.

8. Atur auto sync

Fitur sync yang mensinkronisasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Karena itu, matikan auto sync agar tidak kebanyakan koneksi internet.

9. Hindari streaming

Koneksi internet sangat memakan daya baterai jika terus-terusan terhubung. Apalagi untuk menjalankan streaming, baik video maupun musik.

Gunakan pemutar musik atau video offline untuk hemat baterai smartphone selama perjalanan mudik Lebaran. Aplikasi seperti YouTube dan Spotify memiliki fitur offline yang membantu.

10. Gunakan aplikasi bebas iklan

Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan internet. Namun karena di dalamnya ada iklan, meminta terhubung dengan internet.

Kebanyakan semacam ini biasanya aplikasi gratisan. Tidak hanya memakan kuota internet, iklan ini biasanya juga membebani hingga menyedot baterai.

11. Gunakan fitur power saving

Smartphone kini telah dilengkapi dengan fitur power saving atau hemat daya. Secara otomatis smartphone akan memberikan pengaturan untuk menghemat daya.

12. Charger smartphone penuh sebelum berangkat

Yang tidak boleh kelupaan, isi dulu baterai smartphone hingga penuh sebelum berangkat. Biar tidak khawatir harus mengisi di tengah jalan.

Itu 12 tips hemat baterai smartphone selama perjalanan mudik Lebaran. Bila perlu tetap siap sedia power bank dan charger jika benar-benar dibutuhkan.

Berita Terkait