Gadget

Departemen Perdagangan AS Rilis Daftar Hitam Ekspor Huawei di Negara Ini

Peraturan itu segera berlaku dan termasuk kerja sama Huawei non-Amerika Serikat di Kanada, Jepang, Brasil, Inggris dan Singapura.

Dinar Surya Oktarini

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Departemen Perdagangan Amerika Serikat secara resmi menempatkan Huawei Technologies Co Ltd dan 68 kerja sama di lebih dari dua lusin negara lainnya masuk dalam ''Daftar Entitas''.

Daftar tersebut merupakan langkah melarang perusahan telekomunikasi untuk membeli suku cadang dan komponen dari Perusahaan Amerika tanpa persetujuan pemerintah.

Dilansir dari laman Reuters, peraturan itu segera berlaku dan termasuk kerja sama Huawei non-Amerika Serikat di Kanada, Jepang, Brasil, Inggris dan Singapura.

Pemerintah Amerika Serikat akan meninjau permintaan persetujuan untuk transaksi di bawah ''kebijakan anggapan penolakan'' menurut unggahan dari Daftar Federal.

Ilustrasi Huawei Store. (Gizmochina)
Ilustrasi Huawei Store. (Gizmochina)

 

Kebijakan itu muncul ketika dua negara ekonomi terbesar di dunia itu menaikkan tarif dalam pertempuran yang disebut para pejabat Amerika Serikat sebagai praktik perdagangan tidak adil China.

Tak hanya itu, Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang menyatakan keadaan darurat nasional dan melarang perusahaan Amerika Serikat menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang menimbulkan risiko keamanan nasional.

Amerika Serikat percaya smartphone dan peralatan jaringan Huawei dapat digunakan oleh China untuk memata-matai orang Amerika, meski tuduhan tersebut berulang kali ditolak perusahaan.

Anggota kongres dan pejabat administrasi mengatakan langkah itu akan mempersulit Huawei untuk menjual banyak produk karena Amerika Serikat merupakan pemasok utama.

Berita Terkait