Gadget

Biar Nggak Males, Petugas Kebersihan Ini Dipakaikan Gelang GPS

Kalau kamu, setuju nggak kalau Indonesia memberlakukan sistem yang sama?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi petugas kebersihan. (pexels/pixabay)
Ilustrasi petugas kebersihan. (pexels/pixabay)

Hitekno.com - China sepertinya selalu berinovasi dengan berbagai teknologinya. Belum lama ini, para petugas kebersihan di China sengaja dipakaikan gelang GPS yang berfungsi sebagai pelacak. Anti bermalas-malasan nih.

Gelang GPS yang berfungsi sebagai pelacak ini berguna untuk memonitor para petugas kebersihan setiap harinya.

Teknologi ini membuat para petugas kebersihan akan selalu terpantau keberadaannya di mana saja ia berada. Jika terdeteksi tidak bekerja atau males-malesan, petugas ini akan langsung ditegur.

Teguran ini akan berasal dari gelang GPS tersebut. Setidaknya, teguran akan muncul ketika pegawai terdeteksi tidak bekerja selama lebih dari 20 menit.

Dilansir dari The Verge, teguran dari gelang ini akan meminta untuk para pekerja melanjutkan kembali pekerjaannya.

''Please continue working..'' ucap gelang GPS tersebut pada pekerja kebersihan yang ketahuan bermalas-malasan.

Ilustrasi GPS. (pexels/rawpixel)
Ilustrasi GPS. (pexels/rawpixel)

 

Rupanya tidak semua orang setuju dengan teknologi baru ini. Beberapa merasa terlalu dipaksakan dan tidak punya waktu untuk beristirahat.

Beberapa pekerja di jalan raya Nanjing, distrik Hexi berharap agar keputusan dan sistem ini segera dihapus dan dihilangkan.

Mendengar protes keras para pekerjanya, pemerintah Nanjing akhirnya setuju untuk tidak mengaktifkan teguran dari gelang GPS tersebut.

Kembali ke fungsi awalnya, gelang ini masih akan berfungsi untuk melacak kegiatan dan aktivitas petugas kebersihan. Jadi, gelang GPS ini akan secara otomatis melacak keberadaan dan lokasi petugas kebersihan saat jam kerja berlangsung.

Selain merilis gelang GPS untuk para petugas kebersihan, China juga sedang dalam usaha untuk merilis chip Radio Frequency Identification (RFID) di mobil untuk memantau aktivitas berkendara masyarakat negara tersebut. Kabarnya, rencana ini akan mulai diberlakukan pada Juli 2019 mendatang.

Kalau kamu, setuju nggak kalau Indonesia memberlakukan sistem yang sama, yaitu dengan memakaikan gelang GPS pada petugas kebersihannya?

Berita Terkait