Gadget

Terkenal Harganya Murah, Xiaomi Jadi Brand TV Nomor Satu di Negara Ini

Xiaomi berhasil menjadi brand TV nomor satu di negara asalnya.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Smart TV Xiaomi Mi TV 4A. (Mi)
Smart TV Xiaomi Mi TV 4A. (Mi)

Hitekno.com - Tak hanya terkenal sebagai produsen smartphone dengan harga murah, Xiaomi juga memproduksi elektronik rumah tangga dengan harga terjangkau. Sebuah survei terbaru membuktikan bahwa brand TV Xiaomi menjadi nomor satu di China.

Menurut laporan data dari Aowei Cloud Network (AVC), Xioami berhasil menjadi brand TV paling populer pada 2019 di negara asalnya.

Bersama dengan Xiaomi, pabrikan TV lainnya seperti Skyworth, Hisense, Haier, dan TCL tetap berada di daftar 5 teratas.

Patut dicontoh, hal tersebut membuktikan bahwa produk lokal di China menjadi raja di negeri asalnya.

Pengiriman Xiaomi TV menyentuh angka 8,4 juta unit dengan peningkatan year-on-year (YoY) sebesar 225,5 persen dibandingkan dengan kuartal keempat 2018.

Peningkatan penjualan Xiaomi TV telah membuat mereka tetap di posisi nomor satu di pasar TV China.

Smart TV Xiaomi Mi TV 4A 43 inci. (Mi.com)
Smart TV Xiaomi Mi TV 4A 43 inci. (Mi.com)

 

Keterjangkauan, kinerja tingkat tinggi, dan beberapa alasan lainnya dapat mendorong penjualan Xiaomi TV di negeri asalnya.

Dalam promo festival akhir tahun, Xiaomi berhasil memanfaatkan momentum dengan menawarkan diskon besar sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, Xiaomi Mi TV 4A versi 65 inci tersedia dengan harga diskon menjadi 2.999 yuan atau Rp 6,3 jutaan dari harga aslinya 3.699 yuan atau Rp 7,8 juta.

Xiaomi Mi TV dapat memanfaatkan momentum meski pasar TV di China justru mengalami penurunan.

Pasar TV China mengalami penurunan pasar sebesar minus 29,2 persen YoY dan hanya terdapat 2,35 juta unit TV yang terjual pada Februari 2019.

Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)
Xiaomi Mi TV 4 65 inci. (Xiaomi)

 

Dikutip dari Gizmochina, pendapatan keseluruhan juga turun menjadi 6,4 miliar yuan atau Rp 13,5 triliun dengan penurunan 38,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Merek dalam negeri di China menyumbang penjualan sebesar 67 persen di negeri tersebut. Sementara merek Jepang dan Korea hanya berhasil meraih pasar TV China sebesar 6 persen dan 1 persen.

Di sektor ukuran, TV berukuran 55 inci merupakan TV yang diminati dengan pangsa pasar sebesar 29,4 persen.

Sementara TV berukuran 32 inci juga bernasib baik dengan pangsa pasar 15,5 persen serta TV 43 inci meraih pangsa pasar 14,6 persen.

Pembuktian Xiami menjadi brand TV nomor satu di China semakin membuktikan bahwa perusahaan tersebut memiliki diferensiasi yang baik di setiap produk yang mereka jual.

Berita Terkait