Gadget

Duel Smartphone Murah Realme 3 VS Redmi S2, Mana yang Lebih Oke?

Tim Realme 3 atau Tim Redmi S2?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Realme 3 VS Redmi S2. (Amazon)
Realme 3 VS Redmi S2. (Amazon)

Hitekno.com - Realme 3 dan Redmi S2 saat ini dapat dikatakan sebagai dua smartphone murah yang unggul dengan spesifikasinya masing-masing. Untuk kamu yang masih bingung memilih antara Realme 3 VS Redmi S2 ini, simak ulasan tim HiTekno.com ini ya.

Mengenai harga, Realme 3 dan Redmi S2 dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda. Lalu, bagaimana dengan spesifikasinya?

Jauh sebelum Realme 3 resmi dirilis, smartphone Redmi S2 sudah rilis sebelumnya pada Mei 2018. Realme 3 sendiri baru saja dirilis pada bulan Maret 2019 lalu.

Kedua perangkat dari vendor smartphone China ini sama-sama berada di kelas menengah. Spesifikasi keduanya cukup menggiurkan sebagai smartphone kelas menengah.

Jika smartphone Realme 3 menggunakan Helio P60, Redmi S2 datang dengan membawa chipset Snapdragon 625 dari keluarga Qualcomm.

Smartphone Realme 3 dan Redmi S2 juga sama-sama unggul dalam spesifikasi kamera. Keduanya sama-sama menggunakan kamera ganda di bagian belakang sebagai kamera utama.

Jika kamu terjebak dan bingung untuk memilih satu dari dua perangkat ini, berikut tim HiTekno sajikan ulasan duel Realme 3 VS Redmi S2.

Dapur Pacu

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Sistem operasi Realme 3 dan Redmi S2 memang sedikit berbeda. Karena rilis pada Mei 2018, Redmi S2 masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Sedangkan Realme 3 yang baru saja rilis pada Maret 2019, sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Soal dapur pacu, smartphone Redmi S2 menggunakan Snapdragon 625 dari Qualcomm dengan teknologi 14 nm. Sedangkan Realme 3 menggunakan Helio P60 dari Mediatek dengan teknologi 12 nm.

Jika membandingkan dua chipset ini, Snapdragon 625 yang dibawa oleh Redmi S2 terbilang memiliki performa yang lebih baik karena sudah memiliki integrasi dengan LTE. Namun, Helio P60 juga diklaim memiliki daya tahan baterai lebih lama.

Mengenai skor AnTuTu, Realme 3 sukses mencetak angka fantastis dengan perangkatnya yaitu 137.901. Sedangkan Redmi S2 hanya mampu mencetak angka 78.004.

Memori

Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)
Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)

 

Realme 3 dan Redmi S2 sama-sama datang dengan membawa dua varian RAM dan memori internal. Varian pertama menggunakan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Varian kedua, RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Keduanya juga menggunakan microSD sebesar 256 GB. Tentunya kesamaan ini bukan disengaja ya. Pasalnya, kedua perangkat ini adalah rival.

Layar

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Penggunaan layar keduanya cukup berbeda. Realme 3 yang rilis Maret 2019 membawa layar yang lebih lapang berukuran 6.22 inci yang dipadukan dengan resolusi layar 720 x 1520 piksel dan 19:9 ratio. Layar Realme 3 ini dipastikan sangat nyaman digunakan untuk penggunanya yang senang bermain game.

Disisi lain, smartphone Redmi S2 hanya menggunakan layar 5,99 inci beresolusi 720 x 1440 piksel dan ratio yang lebih kecil yaitu 18:9.

Realme 3 dan Redmi S2 sama-sama menggunakan jenis layar IPS LCD. Mengenai desain, karena rilis belum lama ini, Realme 3 tampil lebih elegan dengan bezel tipis yang kekinian, lengkap dengan poni di bagian atas layar. Sedangkan Redmi S2 masih menggunakan bezel besar dan desain jadul.

Kedua perangkat ini sama-sama menempatkan sensor sidik jari pada bodi perangkat bagian belakang.

Body

Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)
Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)

 

Datang dengan layar besar, Realme 3 menggunakan dimensi yang tentunya lebih besar yaitu 8.3 mm, sedangkan Redmi S2 hanya menggunakan dimensi layar sebesar 8.1 mm.

Walaupun memiliki ukuran layar yang lebih kecil, smartphone Redmi S2 datang dengan membawa pilihan warna yang lebih beragam jika dibandingkan dengan Realme 3.

Redmi S2 membawa pilihan warna gray, gold, rose gold, mesmerising blue, dan stunning black. Sedangkan Realme 3 membawa perangkat berwarna black, dynamic black, dan radiant blue.

Kamera

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Realme 3 dan Redmi S2 sama-sama menggunakan dual kamera utama dan satu kamera selfie.

Xiaomi membekali perangkatnya ini dengan kamera utama 12 MP dan 5 MP. Sedangkan Realme 3 menggunakan kamera utama 13 MP dan 2 MP. Untuk kamera selfie, Realme 3 menggunakan sensor 13 MP, dan Redmi S2 menggunakan sensor 16 MP.

Mengenai komposisi ini, jelas smartphone Redmi S2 lebih unggul dengan kamera selfie miliknya dan mengalahkan Realme 3 yang rilis belum lama ini.

Namun, soal kamera perangkat, semuanya kembali ke pilihan kamu sebagai pengguna ya.

Baterai

Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)
Xiaomi Redmi S2. (mi.co.id)

 

Dari sektor baterai, Redmi S2 harus mengakui kekalahan dan keganasan dari baterai Realme 3. Menawarkan performa terbaik untuk penggunanya, Realme 3 datang dengan menggunakan baterai berkapasitas 4.230 mAh. Sedangkan Redmi S2 hanya menggunakan baterai 3.080 mAh.

Smartphone Realme 3 dan Redmi S2 sama-sama sudah dilengkapi dengan teknologi fast battery charging 10W untuk kedua perangkat ini. Jadi, kamu tertarik yang mana?

Harga

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Poin paling penting dari duel Realme 3 dan Redmi S2 tentunya adalah harga. Punya spesifikasi mumpuni di masing-masing kelas, berapa harga Realme 3 dan Redmi S2?

Realme 3 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol dengan harga Rp 1.799.000, sedangkan untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 2.399.000 saja.

Walaupun rilis secara global dengan dua varian memori, pengguna Indonesia rupanya harus puas dengan satu varian memori yang dibawa Xiaomi untuk perangkat Redmi S2 miliknya.

Redmi S2 dengan varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol dengan harga Rp 1.699.000.

Kesimpulan

Realme 3 VS Redmi S2. (Amazon)
Realme 3 VS Redmi S2. (Amazon)

 

Rilis belum lama ini, Realme 3 memang tampil lebih kekinian dengan poni, bezel tipis, hingga chipset yang menawan. Selain itu, Realme 3 begitu memanjakan penggunanya dengan baterai besar dan dua varian memori.

Sedangkan Redmi S2 cukup unggul dengan kamera selfie miliknya yang dipadukan dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon. Sayangnya, perangkat ini masih kalah dalam performa dan kapasitas baterai.

Dengan budget Rp 2 juta, melihat dari spesifikasi dan fitur unggulan kedua perangkat ini, ada baiknya jika kamu memilih Realme S3 sebagai smartphone yang akan kamu gunakan.

Namun, jika kamu lebih tertarik dengan hasil selfie terbaik, namun dengan dapur pacu yang cukup, smartphone Redmi S2 bisa menjadi pilihanmu.

Sekali lagi, duel smartphone Realme 3 VS Redmi S2 ini kembali ke pilihan kamu ya. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

Berita Terkait