Gadget

Lumix S1R dan S1, Kamera Mirorless Full Frame Pertama Dari Panasonic

Lumix S1R dan S1memberikan kualitas gambar yang belum pernah diberikan sebelumnya oleh kamera mirrorless lainnya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Panasonic Lumix S1R dan S1. (Amazon)
Panasonic Lumix S1R dan S1. (Amazon)

Hitekno.com - Sebelumnya, dalam ajang Photokina yang digelar pada September 2018 lalu, Panasonic sudah sesumbar dengan kamera mirorless full frame pertamanya yang bernama Lumix S1R dan Lumix S1. Akhirnya secara resmi kedua perangkat kamera tersebut diperkenalkan.

Kedua perangkat fotografi dari Panasonic ini datang dengan menggunakan mount lensa L yang merupakan produk resmi hasil kerjasama antara Leica, Panasonic dan Sigma.

Lumix S1R dan S1 ini sengaja dirilis untuk memberikan kualitas gambar yang disebut-sebut belum pernah diberikan sebelumnya oleh kamera mirrorless lainnya.

Panasonic memastikan seri Lumix S ini akan datang dengan resolusi tinggi, gradasi yang super kaya, dan resproduksi warna superior untuk penggunanya.

Settingan EVF yang dibawa Lumix S1R dan S1 ini memiliki resolusi tinggi yang mencapai angka 5,76 juta dot.

Panasonic Lumix S1R body only. (Amazon)
Panasonic Lumix S1R body only. (Amazon)

 

Dilansir dari TechRadar, layar view finder Lumix S1R dan S1 ini berukuran 3,2 inci dan beresolusi 2,1 juta dot. Sangat besar dan dipastikan sangat memanjakan penggunanya.

Perangkat fotografi Lumix S1R dan S1 ini sama-sama dilengkapi dengan sistem fokus sebanyak 225 area, pemotretan sontonuous 9 fps, pendeteksi subjek bergerak dengan teknologi artificial inteligence atau AI.

Tidak hanya itu, Lumix S1R dan S1 juga memiliki in-body image stabilizer atau IBIS 5 arah hingga prosesor Venus Engine milik Panasonic.

Beralih ke fitur menarik lainnya, Lumix S1R dan S1 ini juga membawa kualitas 6K photo yang beresolusi 18 MP dari burst 30 fps, 4K photo beresolusi 8 MP dari burst 60 fps, serta desain bodi yang dipastikan sangat tahan terhadap berbagai cuaca.

Panasonic Lumix S1R juga menawarkan sensor CMOS full frame 47,3 MP dengan maksimal ISO 25.600.

Angka ini menjadikan Panasonic Lumix S1R menjadi kamera dengan tingkat resolusi tertinggi dalam industri kamera mirrorless full frame.

Panasonic Lumix S1. (Amazon)
Panasonic Lumix S1. (Amazon)

 

Mode resolusi tertingggi ini terjadi dengan menggabungkan 8 eksposure yang menghasilkan foto beresolusi 187 MP. Sedangkan untuk kamera, Lumix S1R mampu merekam video dalam resolusi 4K 60p.

Tidak ketinggalan dari perangkat Lumix S1R, Panasonic Lumix S1 juga dilengkapi dengan sensor CMOS full frame 24,2 MP dengan kepekaan ISO 51.200.

Mirorless full frame Lumix S1R dan S1 nantinya akan resmi dijual pada April 2019 mendatang.

Mengenai harga, Lumix S1R dibanderol dengan harga 3.699 dolar AS atau setara dengan Rp 51,6 juta untuk body only, dan 2.499 dolar AS atau Rp 34,8 juta untuk body only Lumix S1.

Jika kamu tertarik membeli Lumix S1R dengan lensa kit 24-105 mm, kamu wajib siapkan budget 4.599 dolar AS atau setara dengan Rp 64,1 juta dan siapkan 3.399 dolar AS atau Rp 47,3 juta untuk Lumix S1.

Tertarik mencoba kamera mirrorless full frame Panasonic Lumix S1R dan S1?

Berita Terkait