Gadget

Dua Smartphone Asus Ini Jadi yang Pertama Pakai Qualcomm Snapdragon SiP 1

Apa beda Qualcomm Snapdragon SiP 1 dengan Snapdragon biasa?

Agung Pratnyawan

Dua smartphone Asus ini yang pertama pakai Qualcomm Snapdragon SiP 1. (Asus Brasil)
Dua smartphone Asus ini yang pertama pakai Qualcomm Snapdragon SiP 1. (Asus Brasil)

Hitekno.com - Qualcomm Snapdragon SiP 1 adalah hasil kolaborasi Qualcomm Technologies, Universal Scientific Industrial, dan pemerintah Brasil.

Tapi apa sebenarnya Qualcomm Snapdragon SiP 1 ini? SiP sendiri adalah singkatan dari System in Package. Yaitu sebuah sistem yang sudah berisikan part komplit dalam satu paket.

Dari Chip prosesor, modem, RF front end, audio codec, RAM, dan memori internal yang dihadirkan dalam sebuah paket satu board.

Dengan paket ini, produsen smartphone tinggal mengembangkan bagian lain yang belum ada. Seperti baterai, layar dan casing.

Smartphone pertama yang akan memakai Qualcomm Snapdragon SiP 1 ini adalah Asus. Dua smartphone Asus telah diumumkan untuk memakai SiP dari kerjasama tersebut.

Dalam Qualcomm Snapdragon SiP 1 sendiri berisikan chip Qualcom Snapdragon 450 dengan kecepatan 1,8 GHz dan GPU Adreno 506.

Dua smartphone Asus ini adalah ASUS Zenfone Max Shot dan ASUS Zenfone Max Plus M2. Keduanya akan dihadirkan untuk pasar smartphone Brasil.

Smartphone ASUS Zenfone Max Shot. (Asus Brasil)
Smartphone ASUS Zenfone Max Shot. (Asus Brasil)

 

Smartphone ASUS Zenfone Max Shot sendiri dilengkapi layar 6,26 inci dengan resolusi FullHD+. Bakal hadir dalam varian RAM 3 GB + 32 GB dan RAM 4 GB + 64 GB.

DI belakang ASUS Zenfone Max Shot ini terdapat tiga kamera dengan sensor 12 MP Sony IMX486 f/1.8, sensor 8 MP dengan lensa ultra wide, dan 5 MP untuk depth sensor.

Di bawak tiga kamera ini terdapat LED flash. Lalu tidak jauh darinya ada sensor finger print. Untuk kamera selfie, terdapat 8 MP dengan LED flash.

Smartphone ASUS Zenfone Max Shot ini akan menjalankan Android 8.1 Oreo, namun dijanjikan mendapatkan update ke Anroid 9 Pie.

Di balik cover metalnya, terdapat baterai berukuran 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 10 watt dengan port micro USB.

ASUS Zenfone Max Shot versi RAM 3 GB dihargai 1.349 real atau sekitar Rp 5 juta. Sedangkan versi RAM 4 GB dihargai 1.699 real atau sekitar Rp 6,3 juta.

Smartphone ASUS Zenfone Max Plus M2. (Asus Brasil)
Smartphone ASUS Zenfone Max Plus M2. (Asus Brasil)

 

Sedangkan ASUS Zenfone Max Plus M2 sendiri punya spesifikasi yang sama dengan ASUS Zenfone Max Shot. Namun hanya hadir dalam varian 3 GB + 32 GB saja.

Juga untuk kamera belakang hanya memakai konfigurasi dual kamera, 12 MP Sony IMX486 dan 5 MP untuk depth sensor. Smartphone ini dihargai 1299 real atau Rp 4,8 juta.

Kedua smartphone Asus ini memang hanya ditujukan untuk pasar Brasil. Apalagi Qualcomm Snapdragon SiP 1 memang hasil kerja sama dengan pemerintah setempat.

Berita Terkait