Gadget

Ini Alasan Realme 3 di Indonesia Berbeda dengan India

Di Indonesia, Realme 3 pakai MediaTek Helio P60 yang lebih rendah dari di India.

Agung Pratnyawan

Smartphone Realme 3. (Realme)
Smartphone Realme 3. (Realme)

Hitekno.com - Smartphone Realme 3 telah resmi meluncur di Indonesia dan India. Namun ternyata, Realme 3 Indonesia berbeda dengan yang beredar di India. Kenapa demikian?

Seperti diberitakan sebelumnya, Realme 3 Indonesia memakai chipset MediaTek Helio P60. Sedangkan versi di India memakai chipset MediaTek Helio P70.

Terkait perbedaan chipset Realme 3 Indonesia dengan versi Bollywood, Marketing Director Realme for South East Asia Josef Wang mengatakan bahwa perbedaan tersebut terjadi karena harga jual realme 3 di Tanah Air yang sedikit lebih murah ketimbang versi India.

''P70 itu versi globalnya, untuk di Indonesia pakai P60. Sebenarnya untuk dua prosesor tersebut kita sudah pertimbangkan. Dengan karakteristik konsumen di Indonesia yang lebih tergiur dengan harga smartphone murah, maka P60 lebih sesuai,'' ujar Josef di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Meski di atas kertas MediaTek Helio P70 lebih baik ketimbang MediaTek Helio P60, namun Wang mengatakan bahwa dari segi performa, P60 terbilang bagus di kelasnya.

Seorang model sedang menunjukkan ponsel Realme 3 di Jakarta, Selasa (12/3/2019). [Suara.com/Arief Hermawan]
Seorang model sedang menunjukkan smartphone Realme 3 di Jakarta, Selasa (12/3/2019). [Suara.com/Arief Hermawan]

 

''Dari segi performance, sebenarnya P60 tidak kalah dengan P70, tapi kami mempertimbangkan hal-hal lain yang menyangkut prosesor yang ditawarkan dengan harga smartphone kami. Itu juga jadi pertimbangan kami untuk mengeluarkan sebuah produk yang tidak hanya performanya baik tapi harganya juga kompetitif,'' tandasnya.

Sayang Wang tak menjelaskan lebih lanjut soal "hal-hal lain" yang dimaksudnya.

Perbedaan antara MediaTek Helio P60 dan P70 pada Realme 3, menurut GSMArena, sebenarnya tak banyak. Keduanya sama-sama prosesor octa-core atau berinti delapan, yang terdiri dari empat inti A73 dan empat inti A53.

Bedanya, pada MediaTek Helio P70 kecepatan empat inti A73 dinaikkan hingga ke 100MHz, sehingga CPU-nya memiliki kecepatan 2,1 GHz.

Peluncuran smartphone Realme 3 di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (12/3). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Peluncuran smartphone Realme 3 di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (12/3). [Suara.com/Arief Hermawan P]

 

Sementara inti A73 pada MediaTek Helio P60 memiliki kecepatan 2,0GHz. Adapun empat inti A53 baik pada P60 maupun P70 sama-sama berlari di kecepatan 2,0GHz.

Baik MediaTek Helio P70 maupun P60 juga memiliki algoritma dan fitur kecerdasan buatan yang sama.

Itulah alasan kenapa smartphone Realme 3 Indonesia berbeda dengan versi yang ada di India. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

Berita Terkait