Gadget

Ini Beda Realme 3 versi India dan Indonesia

Realme 3 versi India beda dikit tapi dampaknya banyak.

Agung Pratnyawan

Realme 3 versi India beda dari Indonesia. (Realme)
Realme 3 versi India beda dari Indonesia. (Realme)

Hitekno.com - Realme dipastikan akan menghadirkan smartphone terbaru mereka ke Tanah Air. Smartphone Realme 3 sudah disiapkan akan dirilis pada 12 Maret 2019.

Sebelum datang ke Indonesia, smartphone Realme 3 ini sudah lebih dulu hadir di India. Seperti diketahui sub-brand Oppo ini memang cukup kuat di pasar smartphone India.

Realme 3 versi India sendiri ternyata berbeda dengan versi yang hadir ke Indonesia. Perbedaan ini memang tidaklah banyak, namun berdampak cukup jauh.

Perbedaan pertama adalah chipset yang digunakannya. Smartphone Realme 3 versi India hadir dengan chipset MediaTek Helio P70.

Chipset ini sebelumnya telah dipakai pada Realme U1. MediaTek Helio P70 diklaim jadi pesaing kuat dari Qualcomm Snapdragon 660.

Smartphone Realme 3. (Realme)
Smartphone Realme 3. (Realme)

 

Sedangkan smartphone Realme 3 versi Indonesia hadir menggunakan chipset MediaTek Helio P60. Jelas saja, yang dipakai versi Indonesia kelasnya lebih rendah.

Memang MediaTek Helio P60 lebih rendah dari Helio P70. Namun dari segi performa, chipset yang dipakai Realme 3 ini tetap bisa menjalankan game-game berat.

Game berat seperti PUBG Mobile tetap bisa jalan dengan baik di Realme 3 versi Indonesia di tingkat grafis medium. Namun pasti tidak selancar di Realme 3 versi India.

Realme 3 versi India pakai MediaTek Helio P70. (Realme)
Realme 3 versi India pakai MediaTek Helio P70. (Realme)

 

Perbedaan kedua, Realme 3 versi Indonesia secara bawaan sudah terinstal beberapa aplikasi. Jumlah aplikasi bawaannya lebih banyak dari versi India.

Beberapa aplikasi yang sudah terinstal di Realme 3 antara lain Tik Tok, BaBe, dan masih banyak lainnya. Untungnya kebanyakan aplikasi bawaan Realme 3 ini bisa di-uninstall.

Lebih beruntung lagi, baik Realme 3 versi India maupun Indonesia tidak ditemukan iklan yang mengganggu seperti di merek lain.

Itulah perbedaan smartphone Realme 3 versi India dengan versi Indonesia. Di luar itu, smartphone ini memang menarik untuk dilirik.

Berita Terkait