Gadget

Ini Alasan Samsung Galaxy M20 di Indonesia Lebih Mahal Dibanding di India

Di Indonesia harga Samsung Galaxy M20 Rp 700 ribu lebih mahal.

Agung Pratnyawan

Beda harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia dan India. (HiTekno.com)
Beda harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia dan India. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Smartphone Samsung Galaxy M20 telah resmi dikenalkan di Tanah Air, tapi kenapa harganya jauh sangat mahal dibandingkan harga di India?

Di Indonesia, Samsung Galaxy M20 versi RAM 3 GB dan internal memory 32 GB diharigai Rp 3.799.000. Sedangakan di India, versi ini dihargai 10.990 rupee atau sekitar Rp 2,1 jutaan.

Dengan harga segitu, Samsung Galaxy M20 memang membuat heboh di India. Bahkan Xiaomi dibuat khawatir hingga memberikan potongan harga smartphone mereka.

Tapi di Indonesia, Samsung Galaxy M20 tidak disambut seramai di India. Diduga karena harga yang tidak semurah di India.

Apa penyebab perbedaan harga smartphone Samsung Galaxy M20 di Indonesia dan di India? Kenapa harga di India jauh lebih murah?

1. Headset

Smartphone Samsung Galaxy M20 di Indonesia mendapatkan sebuah headset dalam paket penjualannya. Sedangkan di India, tidak mendapatkan.

Tidak adanya headset pastinya membuat harga Samsung Galaxy M20 di India jadi lebih murah. Namun harga headset tak akan semahal perbedaan harga di Indonesia dan India.

2. Iklan

Iklan di Samsung Galaxy M20 India. (NDTV)
Iklan di Samsung Galaxy M20 India. (NDTV)

 

Inilah penyebab, perbedaan harga Samsung Galaxy M20 di India bisa jauh lebih murah. Karena Samsung India memasang iklan di dalam smartphone ini.

Menurut laporan NDTV, Samsung India memasang iklan di berbagai tempat dalam smartphone ini. Bahkan lebih sadis penempatannya dibanding merek sebelah.

Iklan di Samsung Galaxy M20 India ada ditemukan di lock screen, bahkan di notifikasi. Pengguna India harus berhadapan dengan iklan.

Berbeda dengan Samsung Indonesia, dalam smartphone Samsung Galaxy M20 bersih dari iklan. Namun kompensasinya, harga Samsung Galaxy M20 lebih mahal.

Itulah dua penyebab kenapa harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia lebih mahal dibanding di India. Pilih mana? Yang murah tapi seperti itu, atau yang bayar lebih mahal?

Berita Terkait