Gadget

Oppo Siap Produksi Kamera Smartphone 10x Optical Zoom, Kapan?

Solusi dari Oppo untuk kamera smartphone canggih.

Agung Pratnyawan

Kamera smartphone Oppo dengan 10x Optical Zoom. (wccftech)
Kamera smartphone Oppo dengan 10x Optical Zoom. (wccftech)

Hitekno.com - Salah satu teknologi yang ditunggu kehadirannya di MWC 2019 adalah kamera smartphone Oppo yang memiliki kemampuan 10x optical zoom.

Rencananya, Oppo akan mengungkap pemakaian kamera smartphone dengan 10x optical zoom ini di MWC 2019 yang digelar di Barcelona, Spanyol, Februari 2019 ini.

Dikutip dari Gizmochina, Shen Yiren, Vice President Oppo mengumumkan kalau kamera 10x zoom optical milik Oppo siap diproduksi pada 2019 ini.

Lensa periskop Oppo yang diperkenalkan di MWC 2017. (Oppo)
Lensa periskop Oppo yang diperkenalkan di MWC 2017. (Oppo)

 

Melalui akun media sosial China, Weibo, Shen Yiren mengungkap kalai pertengahan tahun 2019 ini teknologi kamera tersebut siap masuk ke tahap produksi.

Kamera smartphone dengan optical zoom memang sudah dinantikan. Karena proses zoom yang dipakai tidak mengurangi kualitas foto yang diambil.

Saat ini, banyak kamera smartphone memakai digital zoom. Yang prosesnya dengan croping foto lalu membesarnya. Proses ini mengurangi kualitas foto secara drastis.

Keterbatasan kamera smartphone dengan zoom saat ini adalah masalah ketebalan. Optical zoom membutuhkan area untuk pergerakan lensa di dalamnya.

Kamera smartphone Oppo dengan 10x Optical Zoom. (anzhuo.cn)
Kamera smartphone Oppo dengan 10x Optical Zoom. (anzhuo.cn)

 

Untuk mengatasinya, smartphone Oppo memakai mekanisme yang mirip dengan periskop. Cara ini diklaim dapat memasukkan kamera dengan optical zoom ke smartphone.

Awalnya Oppo mengenalkan prototipe 5x optical zoom pada 2017 yang lalu. Namun kini Oppo mengklaim bisa membuatnya jadi 10x optical zoom.

Kita tunggu saja seperti apa kamera smartphone 10x optical zoom dari Oppo ini nanti di MWC 2019.

Berita Terkait