Gadget

Samsung Ingin Tempatkan Kamera di S Pen

Samsung bahkan punya paten untuk inovasi ini.

Agung Pratnyawan

Samsung S Pen di Galaxi Note 9. (Samsung)
Samsung S Pen di Galaxi Note 9. (Samsung)

Hitekno.com - Fitur S Pen pada smartphoen Samsung Galaxy Note 9 mendapatkan tanggapan yang positif. Banyak yang menggemari kehadiran pena kecil ini, karena punya fungsi beragam.

Tak berhenti berinovasi, Samsung dikabarkan ingin memasangkan kamera ke dalam S Pen di generasi mendatang. Hal ini terbongkar dari paten yang didaftarkannya.

Menurut paten yang pertama kali ditemukan Patently Mobile, paten yang diajukan pada Februari 2017 tersebut mengungkapkan bahwa S Pen akan dapat mengirim gambar apapun secara nirkabel ke smartphone atau tablet dengan memanfaatkan dukungan Bluetooth.

Tak hanya itu, kamera yang akan disematkan pada S Pen dikabarkan memiliki pembesaran optik yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan sistem pembesaran digital yang saat ini ditemukan di semua smartphone Galaxy series.

Dalam paten yang diberikan Samsung, secara umum pengguna smartphone saat ini menggunakan perangkatnya untuk mengambil foto.

Samsung S Pen di Galaxi Note 9. (Samsung)
Samsung S Pen di Galaxi Note 9. (Samsung)

 

Meskipun fungsi optical zooming memberikan kualitas superior untuk hasil foto, smartphone tidak dapat menggunakannya karena desainnya yang tipis dan adanya pembatasan untuk pembesaran digital.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam paten Samsung menggambarkan bahwa pihaknya mungkin mempertimbangkan menambahkan kamera dengan zoom optik di dalam S Pen.

Gambar yang diposting di Patently Mobile memperlihatkan prediksi Samsung yang akan menempatkan kamera di bagian atas S Pen dan tombol kontrol akan berfungsi untuk mengontrol fitur zoom.

S Pen, stylus Samsung Galaxy Note 9. (Macworld)
S Pen, stylus Samsung Galaxy Note 9. (Macworld)

 

Dilansir dari The Verge, sama seperti semua kasus paten, tidak ada jaminan bahwa fitur ini akan tersedia pada produk Samsung di masa depan.

Tetapi, mengingat Samsung memiliki penjualan yang menurun pada tahun 2018, sepertinya Samsung akan membutuhkan fitur baru yang menarik seperti ini untuk merevitalisasi bisnis smartphone mereka.

Sayangnya, hingga saat ini pihak Samsung tidak memberikan komentar mengenai paten kamera pada S Pen ini. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait