Gadget

D-Link Segera Rilis Router Baru dengan Dukungan Jaringan 5G

Kita nantikan kedatangannya di Indonesia ya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

D-Link Router. (Engadget)
D-Link Router. (Engadget)

Hitekno.com - Menurut rumor, jaringan 5G di 2019 akan menjadi tren baru menggantikan jaringan 4G. Menyambut tren baru ini, D-Link belum lama ini mengumumkan untuk segera merilis router barunya dengan dukungan jaringan 5G.

D-Link akhirnya meluncurkan router gateway pertamanya yang menggunakan jaringan 5G dengan kode DWR-2010 5G NR.

Router ini hadir dengan kecepatan sebesar 3 Gbps, 40 kali lebih cepat dari broadband rata-rata di Amerika Serikat.

Jaringan 5G pada router cukup mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu mengontrol jaringan WiFi melalui stop kontak dan kartu SIM.

Perangkat D-Link ini sudah mendukung VoLTE dan kompatible dengan D-Link wifi mesh system. Fitur ini memudahkan untuk pendistribusi jaringan di seluruh rumah.

Wifi Hunter/Mobilezujeme
Ilustrasi Wifi. (Mobilezujeme)

 

Router ini juga mendukung opsi kustomisasi untuk penyedia layanan bersama dengan manajemen jarak jauh, dan beroperasi pada konfigurasi frekuensi sub-6 GHz dan mm Wave 5G.

Walaupun D-Link sudah sangat siap menyambut jaringan 5G, sayangnya, jaringan 5G masih belum tersedia hingga kini.

Beberapa perusahaan besar seperti Apple bahkan berencana untuk mengadopsi jaringan 5G pada 2020. Tahun 2019 sepertinya menjadi permulaan untuk pengembangan jaringan ini ke depannya.

D-Link dengan kode DWR-2010 ini kabarnya akan tiba di paruh kedua tahun 2019. Bersamaan dengan merilis router ini, D-Link juga akan merilis beberapa produk baru untuk ekosistem rumah pintar My Dlink.

D-Link Router. (Engadget)
D-Link Router. (Engadget)

 

Di antaranya adalah WiFi Water Sensor yang mampu bekerja dengan perintah dari Google Assistant. Selain itum perusahaan ini juga merilis dua smart plugs baru.

Smart plugs terbaru ini memungkinkan penggunanya untuk menambahkan pencahayaan otomatis untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di dalam dan luar rumah.

Seluruh perangkat baru ini berbasis wiFi dan bekerja tanpa hub. Uniknya, perangkat ini juga terhubung dengan Google Assistant dan Alexa.

Untuk router terbarunya yang datang dengan jaringan 5G, D-Link juga menambahkan kamera mydlink, notifikasi, dan peningkatan integrasi voice control. Kita nantikan kedatangannya di Indonesia ya.

Berita Terkait