Gadget

Masih Mesra, MediaTek Bantah Hentikan Kemitraan dengan Xiaomi

Smartphone Xiaomi sekarang jarang pakai chipset MediaTek.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo MediaTek. (BGR)
Ilustrasi logo MediaTek. (BGR)

Hitekno.com - Smartphone Xiaomi memang jarang mengusung chipset MediaTek. Namun bukan berarti mereka tidak punya kerja sama.

Dikutip dari Gizmochina, sebuah laporan menyebutkan kalau MediaTek dan Xiaomi telah menghentikan kemitraan. Sebelumnya, MediaTek dan Xiaomi dikenal punya kedekatan.

Disebutkan kalau MediaTek memutuskan kerjasamanya dengan Xiaomi. Kabar ini sempat ramai di internet yang menyebutkan kalau hubungan keduanya merenggang.

Namun baru-baru ini, pihak MediaTek menampik kabar putus hubungan dengan Xiaomi. Hubungan keduanya masihlah aman dan terus terjalin.

Xiaomi juga sempat merilis beberapa smartphone dengan chipset MediaTek belum lama ini. Yaitu Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A.

Xiaomi Redmi 6. (Mi.com)
Xiaomi Redmi 6. (Mi.com)

 

Smartphone Xiaomi Redmi 6 mengusung chipset MediaTek Helio P22 untuk kelas menengah. Sedangkan Xiaomi Redmi 6A memakai chipset MediaTek Helio A22 untuk kelas low-end.

MediaTek sendiri sedang rajin membuat chipset untuk smartphone kelas menengah dan low-end. Dan untuk saat ini masih belum bermain di kelas smartphone flagship.

Perusahaan asal Taiwan ini juga mengalami pertumbuhan. Pada Desember 2018 lalu, Mediatek melaporkan pendapatan 21,377 miliar dolar Taiwan.

Pendapatan MediaTek ini jika dikonversi, sekitar Rp 9,8 triliun. Angka ini diklaim mengalami peningkatan 14,66 persen dibanding sebelumnya.

Namun pendapatan total di kuartal keempat 2018, Mediatek mengumpulkan 60,8 miliar dolar Taiwan atau sebesar Rp 27,8 triliun. Angka ini mengalami penurunan 9,2 persen.

Xiaomi Redmi 6A. (Mi.com)
Xiaomi Redmi 6A. (Mi.com)

 

Penurunan angka pendapatan MediaTek di kuartal keempat 2019 ini diduga karena terjadinya penurunan masif penjualan smartphone di China.

Menurut data dari China Science and Technology Institute, pasar smartphone di China mengalami penurunan 15,5 persen di 2018 ini.

Terkait hubungan MediaTek dan Xiaomi, memang tetap terjalin. Namun nampaknya semakin jarang smartphone Xiaomi memakai chipset MediaTek.

Berita Terkait