Gadget

Pengembangan MIUI 11 Dimulai, Xiaomi Janjikan yang Baru dan Unik

Tak banyak lakukan perubahan tampilan, lebih fokus ke kebutuhan pengguna.

Agung Pratnyawan

Logo Xiaomi. (Wikipedia/ Xiaomi)
Logo Xiaomi. (Wikipedia/ Xiaomi)

Hitekno.com - Setelah MIUI 10 dianggap cukup sukses, tak membuat Xiaomi diam diri. Kini kabarkan kalau Xiaomi telah memulai pengembangan MIUI 11.

MIUI sendiri adalah custom ROM berbasis Android yang dikembangkan Xiaomi. Smartphone Xiaomi pada umumnya memakai MIUI, kecuali yang mengusung Android One.

Setelah kemarin dianggap cukup sukses menghadirkan MIUI 10 ke berbagai smartphone Xiaomi. Perusahaan asal Cina ini akan berlanjut ke generasi berikutnya.

Dikutip dari Gizmochina, dalam pertemuan MIUI Core Ecperience Annual Meeting, Liu Ming, head of product planning Xiaomi Internet mulai memperkenalkan MIUI 11.

Diketahui, update MIUI 10 telah diberikan kepada 40 model smartphone Xiaomi Mi dan Redmi. Dari model smartphone Xiaomi terbaru, hingga beberapa yang lama mendapatkan MIUI 10.

Xiaomi mulai kembangkan MIUI 11. (mydrivers)
Xiaomi mulai kembangkan MIUI 11. (mydrivers)

 

Jika ditotal, MIUI sendiri telah dipakai lebih dari 300 juta pengguna, memakan waktu pengembangan hingga 402 minggu, dan bertahan lebih dari 8 tahun.

MIUI juga diklaim sebagai custom ROM paling lama bertahan dari produsen smartphone Cina. Dan hingga kini, MIUI masih terus didukung dan dikembangkan Xiaomi.

Dari sebuah foto yang beredar, MIUI 11 diperkenalkan sebagai ''a new and unique OS'' (OS baru dan unik), yang diduga ini tagline baru dari Xiaomi untuk custom ROM ini.

Seperti pada MIUI 9 mengusung ''lightning fast'' dan MIUI 10 dengan tagline ''AI full-screen system''.

Sebelumnya, Xiaomi juga sempat mengisyaratkan akan berfokus pada peningkatan UI selama pengembangan MIUI 11 nanti.

Xiaomi mulai kembangkan MIUI 11. (mydrivers)
Xiaomi mulai kembangkan MIUI 11. (mydrivers)

 

Xiaomi tidak akan membuat perbedaan besar dalam antarmuka MIUI 10 dan MIUI 11. Melainkan akan fokus pada kebutuhan nyata pengguna.

Apakah masih ada iklan di MIUI 11 ini? Tidak ada kejelasan, karena memang belum ada pernyataan resmi dari Xiamoi mengenai custom ROM baru mereka ini.

Peluncuran MIUI 11 ini juga belum dapat dipastikan kapan. Tapi pastinya bakal menjanjikan banyak fitur-fitur baru yang membuatnya menarik.

Berita Terkait