Gadget

GPU 7 Nm Pertama, AMD Radeon VII Siap Hajar Nvidia GeForce RTX 2080

Rp 1 juta lebih murah, performa sama. Pilih mana?

Agung Pratnyawan

CEO AMD Lisa Su memperkenalkan AMD Radeon VII. (AMD)
CEO AMD Lisa Su memperkenalkan AMD Radeon VII. (AMD)

Hitekno.com - Persaingan AMD dan Nvidia di pasar GPU akan semakin memanas. Setelah hadirnya Nvidia GeForece RTX 2080, AMD Radeon VII langsung diluncurkan.

Bertepatan dengan Consumer Electronics Show (CES) 2019, AMD memperkenalkan GPU baru mereka. AMD bahkan menggelar acara spesial di CES 2019.

Beberapa tahun ini AMD sempat ketinggalan dari Nvidia. Namun semenjak merilis Vega, AMD mulai gencar menyaingi Nvidia di pasar kartu grafis PC.

Kali ini AMD bisa selangkah lebih maju dari Nvidia dengan menghadirkan GPU PC pertama yang mengusung proses fabrikasi 7 nm.

Dengan proses fabrikasi sekecil ini 7 nm ini, AMD Radeon VII diklaim mendongkrak performanya. Terutama untuk resolusi 4K yang sedang ramai di kalangan gamer.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

Dikutip dari engadget, AMD Radeon VII ini memakai arsitektur baru yang lebih hemat daya namun memiliki performa labih tinggi.

AMD juga menjanjikan GPU ini punya ruang lebih untuk melakukan Overclocking. Namun sayanganya belum dilengkapi real time ray tracing seperti Nvidia GeForece RTX 2080.

Tanpa real time ray tracing bukan berarti AMD kalah secara performa. Banyak sisi lain yang dimiliki GPU AMD yang baru ini.

Dibanding Vega generasi pertama, GPU ini mendapatkan peningkatan performa yang cukup signifikan. Terutama untuk bermain game.

Untuk bermain Battlefield V dengan DirectX 12, AMD Radeon VII mengalami peningkatan 35 persen. Sedangkan untuk Strange Brigade dengan Vulkan mendapatkan peningkatan 42 persen.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

AMD sendiri menargetkan Nvidia GeForece RTX 2080 sebagai lawan utama. Sebagai GPU 7 nm pertama, AMD percaya diri mewalannya.

AMD Radeon VII diklaim punya performa yang tak kalah dari Nvidia GeForece RTX 2080 untuk DirectX 12 dan DirectX 11. Namun performanya jauh lebih tinggi jika pakai Vulkan.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

GPU ini dilengkapi dengan 3.840 stream prosesor, 16 GB memory, bandwith memory 1 TB/s, dan dukungan AMD FreeSync2 HDR.

AMD Radeon VII ini memang menargetkan gamer dan content creator. Performanya juga diklaim cukup tinggi untuk OpenCL, Blender, Adobe Premier, DaVinci Resolve 15.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

AMD sendiri menjanjikan kartu grafis dengan GPU ini hadir di pasar pada 7 Februari 2019 dengan harga 699 dolar AS atau sebesar Rp 9,8 jutaan.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

Dibandingkan Nvidia GeForece RTX 2080 yang dihargai 799 dolar AS atau sebesar Rp 11,2 jutaan, AMD Radeon VII jelas lebih menarik.

Akankah AMD Radeon VII masuk ke pasar Indonesia? Jelas masuk pastinya. Dapatkan melibas Nvidia GeForece RTX 2080 dengan mudah? Tunggu saja.

Berita Terkait