Gadget

Blokir Huawei, Jepang Pilih Nokia dan Ericsson

Huawei semakin terdesak.

Agung Pratnyawan

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Setelah Amerika Serikat (AS), Australia, dan Selandia Baru memblokir Huawei, kini giliran Jepang. Malahan, Jepang lebih memilih Nokia dan Ericsson.

Dilansir dari telegraph.co.uk, Jepang akhirnya resmi memblokir peralatan Huawei dari jaringan mereka. Dan mengganti teknologi 4G dari perusahaan asal Cina ini.

Menurut surat kabar Nikkei, perusahaan telekomunikasi Jepang akan berpaling ke Nokia dan Ericsson untuk memasok perangkat infrastruktur jaringan mereka.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Keputusan penggantian perangkat Huawei ini datang karena kecurigaan yang merujuk ke perusahaan Cina ini. Terutama setelah otoritas keamanan AS mengklaim Huawei sebagai mata-mata Cina.

Softbank Corp, satu-satunya operator seluler di Jepang yang memakai produk Huawei. Menurut mereka, Huawei menawarkan harga yang lebih terjangkau dibanding rivalnya.

Namun Huawei dianggap terlalu dekat dengan pemerintah Cina. Walaupun berulang kali Huawei mengklaim dirinya adalah perusahaan swasta.

Juru bicara Softbank pun mengungkapkan kalau mereka telah membuat keputusan berdasarkan rujukan-rujukan ini. Mereka memutuskan mengganti perangkat infrastruktur jaringan.

Gerai SoftBank. (Wikipedia Commons)
Gerai SoftBank. (Wikipedia Commons)

 

Saat ini Huawei tengah jadi sorotan internasional karena sejumlah. Dari penangkapan petinggi Huawei di Kanada karena perusahaan ini dianggap membantu menghindari sangsi internasional.

Apa yang terjadi Huawei ini juga berdampak pada pemasoknya dari Jepang. Seperti Yaskawa Elektrik yang memasok robot industri ke Huawei.

Pesanan Huawei ke perusahaan robot Jepang ini pun harus terhenti. Hal ini terjadi setelah penangkapan petinggi Huawei di Kanada.

Setelah ini, negara mana lagi yang akan blokir Huawei. Atau malah mau menerima Huawei karena teknologi 5G yang ditawarkan lebih murah?

Berita Terkait