Gadget

MediaTek Helio P90 Kalahkan Snapdragon 845, Ini Rahasianya

Smartphone kelas menengah bakal makin garang nih.

Agung Pratnyawan

MediaTek Helio P90. (MediaTek)
MediaTek Helio P90. (MediaTek)

Hitekno.com - Chipset MediaTek Helio P90 akhirnya diluncurkan di Beijing, Cina dengan mengusung proses fabrikasi 12 nm. Seberapa hebatkah chipset ini?

MediaTek menjanjikan performa smartphone Flagship ke kelas menengah. MediaTek Helio P90 juga menawarkan performa yang kuat di sektor kecerdasan buatan (AI).

Bahkan MediaTek mengklaim chipset ini memiliki performa empat kali lebih kuat dalam pengolahan AI dibandingkan Helio P70 dan Helio P60.

Chipset ini disematkan APU 2.0 untuk mengurususi soal AI. Juga arsitektur AI Fusion yang secara pintar mengalokasikan komputasi AI ke APU AI Accelerator atau ke Image Processing Unit (IPU).

Hal ini membuat MediaTek Helio P90 memiliki performa lebih tinggi dibanding chipset kelas menengah lainnya. Terutama dalam hal komputas AI.

MediaTek Helio P90. (MediaTek)
MediaTek Helio P90. (MediaTek)

 

APU ini juga bisa mengenali beragam konten yang ditampilkan, dari film, olahraga, hingga game. Lalu menampilkannya ke layar secara optimal.

Teknologi ini juga mampu melakukan pengolahan AI secara real-time. Misalnya dengan membuat video call lebih stabil dari goncangan.

Dilansir dari Gizmochina, benchmark yang dipamerkan MediaTek Helio P90 mampu mengungguli Qualcomm Snapdragon 845 dalam komputasi AI. Bahkan bisa lampaui chipset baru Snapdragon 855 dan Kirin 980.

Hasil AI Benchmark MediaTek Helio P90 (ai-benchmark)
Hasil AI Benchmark MediaTek Helio P90 (ai-benchmark)

 

MediaTek Helio P90 mengusung CPU octa-core yang berisikan sepasang ARM Cortex A75 2,2 GHz dan enam buah ARM Cortex A55 2.0 GHz. Juga mengusung GPU PowerVR GM 9946.

Chipset MediaTek Helio P90 ini juga mendukung RAM hingga 8 GB dengan jenis LPDDRX. Juga sudah mendukung memori berjenis UFS 2.1.

Untuk urusan kamera, MediaTek Helio P90 mendukung kamera hingga 48 MP, atau konfigurasi dual kamera 24 MP + 16 MP. Merekam video beresolusi FUll HD dengan aspek rasio 21:9.

MediaTek Helio P90 telah mendukung WiFi 802.11 ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, Beidou, Galileo and FM Radio.

Cukup lengkap dalam dukungan jaringan 4G Cat. 12 / 13 LTE, dual 4G VoLTE, ViLTE, 4×4 MIMO dan 3CA.

Saat peluncuran, MediaTek sudah siap untuk diproduksi dan smartphone pertama yang akan memakainya akan dirilis pada kuartal pertama 2019.

Kita tunggu saja, smartphone apa yang akan memakai chipset MediaTek Helio P90 ini. Apakah Oppo, Realme, Vivo, atau Nokia yang akan memakai?

Berita Terkait