Gadget

Taylor Swift Pakai Teknologi AI di Konsernya, Buat Apa Ya?

Ini lho fungsinya.

Dinar Surya Oktarini

Most Influential User 2018.(Instagram/@taylorswift)
Most Influential User 2018.(Instagram/@taylorswift)

Hitekno.com - Teknologi saat ini sudah dapat dimanfaatkan berbagai macam fungsi, salah satunya adalah keamanan. Hal itu juga yang dimanfaatkan oleh penyanyi cantik Taylor Swift.

Saat melakukan konser di Rose Bowl, California beberapa waktu lalu Taylor Swift memasang sistem teknologi AI untuk mengamankan konsernya.

Teknologi AI ini dibangun di sebuah tempat yang nantinya akan menampilkan sorotan yang secara diam-diam merekam wajah penonton.

Dilansir HiTekno dari laman The Verge, penonton yang sudah dipindai datanya akan dikirim ke pos komando di Nashville.

Nantinya Tennessee yang mencocokan ratusan gambar dengan database penguntit yang dikenal.

Ilustrasi robot. (Pixabay_Geralt)
Ilustrasi robot. (Pixabay_Geralt)

 

Sebelumnya belum pernah dipublikasikan memakai teknologi AI ini di konser mereka, namun hal ini merupakan sesutu yang legal dari seorang artis, karena konser secara teknis adalah acara pribadi oleh karena itu semua mendapatkan pengawasan termasuk penonton konser.

Langkah keamanan menggunakan teknologi canggih sekelas AI ini diambil oleh Taylor Swift dianggap ekstrem. 

Pasalnya April lalu, polisi Tiongkok menangkap seorang tersangka berusia 31 tahun yang bersembunyi di antara hampir 60 ribu orang selama konser di Nancahang Internasioan Sports Center.

Hal ini diketahui berkat pemantauan ''Xue Liang'' atau ''Mata Merah'' milik Cina untuk memantau warganya.

Tak hanya di Cina, Amerika saat ini tengah mengembangkan teknologi AI ini dalam kerumunan besar. Misalkan saja Ticketmaster, yaitu sistem menukarkan tiket dengan pemindai wajah atau AI yang juga terkait dengan tempat duduk.

Kita tunggu saja, kalau sekarang teknologi AI digunakan untuk mengenali seorang penguntit di area konser Taylor Swift, bagaimana teknologi canggih kedepannya?

Berita Terkait