Gadget

Bikin Jam Tangan Khusus Buta Warna, Bocah SD Diundang ke NASA

Ide sederhana untuk masalah besar.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

NASA. (Space.com)
NASA. (Space.com)

Hitekno.com - Bocah SD asal Queensland, Australia baru saja menjadi pusat perhatian dunia setelah dirinya diundang ke NASA karena membuat jam tangan khusus untuk penderita buta warna.

Undangan ke NASA ini diberikan padanya setelah proposalnya mengenai jam tangan khusus buta warna ini memenangkan kompetisi sains Nasional.

Bocak sekolah dasar yang masih berusia 10 tahun bernama Hamish Lane ini diketahui tinggal di kawasan Gold Coast, Australia.

Ide briliant-nya membuat jam tangan khusus buta warna ini terinspirasi dari adiknya sendiri yang bernama Kurt Lane. Adik Hamish Lane ini rupanya menderita buta warna dan tidak bisa membedakan warna merah dan hijau.

Sadar dengan kekurangan sang adik, Hamish Lane lalu memutuskan untuk membuat jam tangan khusus buta warna.

Ilustrasi warna. (unsplash/Karolina Badzmierowska)
Ilustrasi warna. (unsplash/Karolina Badzmierowska)

 

Hal pertama yang ia lakukan adalah dengan merancang desain jam tangan tersebut sesuai dengan keinginannya dan tentunya nyaman untuk bekerja membantu penderita buta warna sebagaimana alat tersebut dibuat.

Hamish Lane menyematkan sensor pendeteksi warna di dalamnya. Untuk dapat menggunakan jam tangan ini, kamu hanya perlu mengarahkannya ke sebuah objek dan secara otomatis, jam tangan ini akan menampilkan tulisan warna dari objek di layar perangkat.

Seusai alat ciptaannya ini beres dan sempurna, ia lalu mengirimkan proposalnya ke kompetisi bertajuk Little Big Idea. Hamish lalu keluar sebagai pemenang yang diumumkan dalam acara yang diadakan sekolah tersebut.

NASA. (NASA)
NASA. (NASA)

 

Untuk ide kerennya ini, Hamish Lane lalu mendapat undangan untuk berkunjung ke NASA. Keren banget nggak?

Karena inovasi yang ia buat, seorang ahli teknisi biomedis bernama Jordan Nguyen menjadi orang pertama yang mengumumkan nama Hamish Lane sebagai pemenang.

Jordan Nguyen bahkan menyampaikan rasa kagumnya dengan ide dari bocah SD ini. Menurutnya ide Hamish Lane ini sangat sederhana namun sangat membantu memecahkan masalah besar.

Ide sederhana Hamish Lane menciptakan jam tangan khusus buta warna ini sukses membawanya berkunjung ke NASA. Keren kan?

Berita Terkait