Gadget

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1, Duel Smartphone Paling Dicari Orang

Keduanya sama-sama punya hype tinggi dan bikin geger, pilih mana?

Agung Pratnyawan

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)

Hitekno.com - Dua pemain baru yang bikin geger Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. Keduanya hadir ke Indonesia dengan membawa hype dan antusiasme tinggi, mana yang lebih cocok untuk kamu?

Keduanya sama-sama hadir ke Indonesia di bawah naungan nama besar. Realme hadir di bawah naungan Oppo, sedangkan Pocophone F1 dibawa Xiaomi. Dua brand besar ini yang menjamin garansi dan service keduanya.

Pocophone F1 hadir sebagai smartphone Snapdragon 845 termurah yang bisa kamu beli. Chipset tertinggi dari Qualcomm yang biasa dipakai smartphone kelas atas.

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)

 

Sedangkan Realme 2 Pro hadir membawa Snapdragon 660, chipset terbaru dari Qualcomm untuk kelas mainstream. Namun punya spesifikasi yang beragam.

Kalau dilihat dari spesifikasinya saja, Realme 2 Pro Vs Pocophone F1 jelas siapa pemenangnya. Pocophone F1 punya harga murah tapi spesifikasi tinggi.

Namun ternyata, hype dari Realme 2 Pro ini tidak kalah tinggi. Jika ada Pocophone F1, kenapa milih Realme 2 Pro? Ternyata banyak pertimbangannya.

Realme 2 Pro. (Realme.com)
Realme 2 Pro. (Realme.com)

 

Di Indonesia, Realme 2 Pro hadir membawa varian RAM 4 GB + 64 GB dan 6 GB + 128 GB, konfigurasi yang menarik untuk smartphone harga Rp 3 jutaan, bahakan bisa kamu dapatkan di bawah itu.

Dengan konfigurasi dan harga tersebut, banyak yang melirik Realme 2 Pro sebagai pilihan di banding Pocophone F1.

Walau jadi Snapdragon 845 termurah, tapi harga Pocophone F1 di atas Rp 4 jutaan masih di luar budget kebanyakan orang. Kebanyakan orang mematok budget mereka di Rp 3 jutaan.

Tapi apakah cuma itu saja alasan orang memilih? Yuk, kita bahas bagian lain dari Realme 2 Pro Vs Pocophone F1 ini.

Body

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)

 

Keduanya memakai body berbahan plastik, yang sama-sama terasa murah di genggaman. Wajar saja, spesifikasi tinggi tapi harga murah, harus ada yang di korbankan.

Dimensi keduanya sedikit berbeda, Realme 2 Pro lebih memanjang dan ramping yang nyaman saat digenggam. Sedangkan Pocophone F1 lebih melebar terasa penuh saat digenggam.

Pastinya jika kamu suka smartphone yang lebih ramping, pilih Realme 2 Pro. Kalau Suka yang lebih bulky, tebal dan lebar, pilih Pocophone F1.

Layar

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)

 

Sekilas langsung merujuk pada desain poni yang berbeda, Realme 2 Pro dengan model teardrop membuat layar terkesan lebih luas.

Padahal selisihnya tidak jauh, Realme 2 Pro 6,3 inci resolusi 1080 x 2340 piksel sedangkan Pocophone F1 6,18 inci resolusi 1080 x 2246 piksel.

Jenis layar pun sama, IPS LCD yang dilindungi Corning Gorilla Glass. Pocophone F1 tidak diketahui seri berapa, tapi Realme 2 Pro Gorrilla Glass 3.

Jika mengedepankan desain, Realme 2 Pro nampak lebih menarik. Kombinasi poni mungil teardrop dan bagian dagu yang lebih tipis dari smartphone ini.

Baterai

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Mi.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Mi.com)

 

Pocophone F1 jelas lebih unggul, dari kapasitas dan fitur baterainya. Pocophone F1 memakai baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan Quick Charge 3.0.

Sedangkan baterai Realme 2 Pro 3.500 mAh tanpa Quick Charge. Namun, chipset Snapdragon 660 ini cukup hemat daya untuk performa yang tinggi.

Fitur Kelengkapan

Realme 2 Pro. (Realme)
Realme 2 Pro. (Realme)

 

Yang membedakan keduanya, Pocophone telah memakai USB type-Cm sedangkan Realme 2 Pro masih microUSB 2.0. Kesamaannya, tidak punya NFC dan infrared port.

Keduanya memakai sensor fingerprint di bagian belakang smartphone. Dan sama-sama sudah memakai bluetooth 5.0, namun Realme 2 Pro tidak mendukung radio FM.

Kamera

Pocophone F1. (Instagram/@pocophoneid)
Pocophone F1. (Instagram/@pocophoneid)

 

Pocophone F1 membawa kamera utama ganda 12 MP f/1.9 + 5 MP f/2.0 sebagai depth sensor. Sedangkan Realme 2 Pro memakai kamera utama ganda 16 MP f/1.7 + 2 MP depth sensor.

Keduanya sama-sama dilengkapi AI untuk mempercantik hasil foto. Dengan konfigurasi seperti ini, sudah tidak diragukan lagi hasil foto dan videonya.

Namun ternyata, kamu harus melihat sendiri kalau hasil dari kamera Pocophone nampak lebih baik. Begitu juga kemampuan stabilisasi untuk merekam video.

Untuk kamera selfie, ini baru berbeda. Realme 2 Pro memakai 16 MP f/2.0. Jauh dibanding Pocophone F1 yang 20 MP f/2.0.

Belum lagi, kamera selfie Pocophone F1 ini juga dilengkapi infrared untuk faceunlock yang lebih cepat dan akurat.

Harga dan Varian

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Instagram/realmeindonesia, pocophoneid)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Instagram/realmeindonesia, pocophoneid)

 

Realme 2 Pro tersedia versi RAM 4 GB + 64 GB dihargai Rp 2.899.000, versi RAM 6 GB + 64 GB Rp 3.299.000, versi RAM 8 GB + 128 GB Rp 3.999.000.

Pocophone F1 tersedia versi RAM 6 GB + 64 GB dihargai Rp 4.599.00 dan RAM 6 GB +128 GB dihargai Rp 4.999.000. Realme 2 Pro terlihat lebih banyak pilihan.

Keduanya sudah tersedia di pasaran Indonesia, namun lebih mudah ditemukan secara online. Terutama Realme 2 Pro yang belum tersebar luas seperti Pocophone F1.

Kesimpulan

Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)
Realme 2 Pro Vs Pocophone F1. (Hitekno.com)

 

Jadi pilih mana antara Realme 2 Pro Vs Pocophone F1 ini? tergantung budget berapa yang kamu punyai untuk membeli smartphone.

Keduanya sama-sama punya performa tertinggi di kisaran harganya. Untuk gamer, tidak diragukan lagi akan memberikan performa yang cukup bisa diandalkan.

Namun jika mementingkan keindahan desain, Realme 2 Pro lebih unggul. Sedangkan kamera, Pocophone F1 lebih baik.

Terakhir, pilih sesuai budget. Jika di bawah Rp 4 juta, ambil saja Realme 2 Pro. Tapi jika punya budget di atas Rp 4,5 jutaan ambil Pocophone F1.

Bagaimana, kalau kamu sendiri memilih mana antara Realme 2 Pro Vs Pocophone F1 ini?

Berita Terkait