Gadget

Smartphone Xiaomi Makin Mahal, Ini Alternatifnya

Untuk pasar smartphone murah, Xiaomi punya banyak pesaing. Siapa?

Agung Pratnyawan

Alternatif smartphone Xiaomi yang makin mahal. (Hitekno.com)
Alternatif smartphone Xiaomi yang makin mahal. (Hitekno.com)

Hitekno.com - Xiaomi awalnya hadir sebagai smartphone dengan harga terjangkau tapi punya spesifikasi tinggi. Namun kini harga smartphone Xiaomi makin mahal.

Mungkin lebih tepatnya merek-merek lain yang menurunkan harganya untuk bisa bersaing dengan Xiaomi. Ada pula bermunculan brand baru yang sengaja menyasar Xiaomi.

Sehingga saat ini Xiaomi bukan satu-satunya brand yang bermain dengan strategi harga terjangkau tapi spesifikasi tinggi.

Xiaomi Redmi 5A/CS Mobile
Xiaomi Redmi 5A. (Xiaomi).

 

Sebut saja Huawei menghadirkan Honor, Oppo menghadirkan Realme, ZTE dengan Nubia. Semua hadir secara online untuk melawan Xiaomi.

Tapi tidak dipungkiri juga, harga Xiaomi yang perlahan naik seiring smartphone baru bermunculan. Dan brand lain juga semakin terjangkau.

Ketika Xiaomi Redmi 5A hadir dengan harga Rp 900 ribuan, semua heboh. Namun ketika penerusnya hadir, Xiaomi Redmi 6A harga di atas Rp 1 jutaan, tanggapan pasar dingin.

Redmi 6A. (Mi)
Redmi 6A. (Mi)

 

Jika kamu merasa smartphone Xiaomi makin mahal, adakah yang bisa jadi alternatifnya? Ada dong, berikut ini smartphone alternatif yang bisa menyaingi Xiaomi.

1. Realme C1

Reame C1. (India Today)
Reame C1. (India Today)

 

Di hargai Rp 1,5 jutaan, Realme C1 ini jadi penantang Xiaomi Redmi 6A. Datang dengan Qualcomm Snapdragon 450 dan RAM 2 GB.

Layar 6,2 inci dengan baterai berkapasitas 4.230 mAh ditambah kamera utama ganda 13 MP + 2 MP. Smartphone nampak menarik di harga Rp 1 jutaan.

2. Meizu C9

Meizu C9. (Meizu)
Meizu C9. (Meizu)

 

Penantang Xiaomi Redmi 6A ini langsung menarik perhatian dengan harga Rp 999.000. Meizu C9 dilengkapi prosesor quad core 1,3 GHz dan RAM 2 GB.

Dengan baterai berkapasitas 3.100 mAh dan layar 5,45 inci, smartphone ini menarik untuk dilirik. Bukan cuma harganya, tapi juga spesifikasinya.

3. Realme 2 Pro

Realme 2 Pro. (Realme.com)
Realme 2 Pro. (Realme.com)

 

Xiaomi Redmi 6 Pro punya pesaing utama, yaitu Realme 2 Pro. Hadir dengan harga dan spesifikasi yang sekelas, Realme 2 Pro memberikan desain yang lebih cantik.

Realme 2 Pro memberikan chipset yang lebih tinggi, yaitu Qualcomm Snapdragon 660. Xiaomi Redmi 6 Pro masih memakai Snapdragon 636.

Walaupun demikian, Xiaomi masih punya senjata lain yang ampuh. Yaitu Pocophone F1 yang hadir sebagai smartphone Snapdragon 845 termurah saat ini.

Pocophone F1. (SvTech World)
Pocophone F1. (SvTech World)

 

Tapi untuk pasar budget, smartphone Xiaomi memang punya banyak kompetitor yang tak kalah menarik. Kira-kira siapa yang akan menguasai pasar smartphone murah?

Berita Terkait