Gadget

Snapdragon Wear 3100 Resmi Meluncur, Baterai Tahan Lama

Sudah hemat, tampilannya mewah pula!!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Prosesor Smartwatch Qualcomm. (Digital Trends)
Prosesor Smartwatch Qualcomm. (Digital Trends)

Hitekno.com - Awal Agustus 2018, Qualcomm mengirim undangan ke media mengenai prosesor smartwatch baru. Kemarin, tepatnya tanggal 10 September 2018, Qualcomm menepati janjinya dan meluncurkan Snapdragon Wear 3100.

Snapdragon Wear 3100 hadir dengan kode SDW3100 dan merupakan suksesor dari Snapdragon Wear 2100 (SDW2100). Prosesor smartwath baru milik Qualcomm ini meluncur setelah lebih dari 2 tahun SDW2100 dikenalkan.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, SDW2100 mewarisi popularitas dari prosesor Snapdragon. Prosesor khusus smartwatch ini juga digunakan sebagai jantung sebagian besar smartwatch.

Keluhan paling banyak yang dilontarkan oleh pengguna adalah smartwatch biasanya memiliki baterai yang tak tahan lama.

Fitur Baru Snapdragon Wear 3100. (Qualcomm)
Fitur Baru Snapdragon Wear 3100. (Qualcomm)

 

Mereka harus melakukan pengisian daya berkali-kali. Qualcomm menjawab keluhan pelanggan dengan menghadirkan Snapdaron Wear 3100.

Perusahaan itu mengklaim bahwa perangkatnya menawarkan peningkatan besar terkait masa pemakaian baterai. SDW3100 memiliki daya tahan 4 hingga 12 jam masa pakai baterai lebih lama dibandingkan dengan SDW2100.

Rentang penambahan masa pakai baterai memperhitungkan jenis layar, kapasitas baterai, dan konfigurasi smartwatch.

Dikutip dari blog resmi milik Qualcomm, terdapat 3 fitur unggulan yang menjadikan SDW 3100 akan menjadi langganan prosesor smartwatch produsen besar (lagi).

Fitur Baru Snapdragon Wear 3100. (Qualcomm)
Fitur Baru Snapdragon Wear 3100. (Qualcomm)

 

Fitur tersebut adalah Enhanced Ambient Mode, Dedicated Sport Experience, Traditional Watch Mode.

Enhanced Ambient Mode menawarkan kecerahan adaptif dan interaksi yang lebih hidup. Dengan mode ini, smartwatch akan sangat mirip dengan jam tangan konvensional namun dengan tampilan lebih mewah.

Mode ini akan sangat maksimal apabila diadopsi oleh merek jam tangan mewah.

Mode Dedicated Sports Experience dapat memaksimalkan pengalaman ketika berolahraga dengan GPS yang lebih akurat. Selain itu, fitur pemantauan denyut jantung akan aktif jika fitur ini dihidupkan.

Tampilan smartwatch dengan SW3100. (Qualcomm)
Tampilan smartwatch dengan SW3100. (Qualcomm)

 

Traditional Watch Mode menawarkan tampilan jam tangan tradisional yang lebih hemat daya. Jika pengguna mengaktifkan mode ini, maka teknologi ultra-low-power akan aktif sehingga makin menambah daya tahan baterai.

Qualcomm mengklaim dengan mode ini smartwatch akan bertahan selama 30 hari.

SDW3100 akan hadir pertama kali di smartwatch milik merk-merk mewah seperti Fossil Group, Louis Vuitton, dan Montblanc. Smartwatch dengan Snapdragon Wear 3100 diharapkan akan hadir pada musim liburan di Eropa dan Amerika Serikat.

Berita Terkait