Gadget

Bikin Keder Merek Lain, Ini 5 Tanda Kebangkitan Nokia

Usaha keras tak akan mengkhianati, Nokia bakal kembali jadi raja.

Agung Pratnyawan

Nokia (techaeris.com)
Nokia (techaeris.com)

Hitekno.com - Nokia sempat menjadi penguasa pasar ponsel di era 90-an. Walau sekarang meredup, namun mulai muncul tanda-tanda kebangkitan Nokia.

Saat itu, Nokia menjadi produsen besar yang cuma disaingi Siemens dan Ericsson. Kedua kompetitornya sudah keluar dari pasar ponsel.

Sedangkan Nokia masih bertahan dengan menggandeng dengan Windows Phone. Lalu setelah berpindah tangan ke HMD Global, Nokia membuat smartphone Android.

Di bawah naungan HMD Global, nampak tanda-tanda kebangkitan Nokia.

Apa saja tanda-tandanya? Simak berikut ini.

1. Aktif Memproduksi Banyak Varian Smartphone

Nokia 6.1, Nokia 7 Plus, dan Nokia 8 Sirocco. (Android.com)
Nokia 6.1, Nokia 7 Plus, dan Nokia 8 Sirocco. (Android.com)

 

Nokia bukan sekadar memproduksi ponsel biasa, mereka punya banyak varian smartphone. Bahkan terus aktif memperbarui lini produknya.

Lini produk smartphone Nokia sangat lengkap. Dari kelas bawah dengan Android GO, kelas menengah, bahkan flagship kelas atas.

2. Punya Smartphone Flagship

Nokia 9. (phonearena)
Nokia 9. (phonearena)

 

Siapa bilang Nokia kembali dengan smartphone murah saja. Mereka punya smartphone flagship, yaitu Nokia 9. Smartphone flagship ini jadi pertanda kebangkitan Nokia.

Dengan harga sekitar 1.000 dolar AS atau sebesar Rp 14 jutaan, Nokia 9 siap bersaing dengan Samsung Galaxy dan Apple iPhone.

3. Selalu Update

Nokia X6. (BGR.in)
Nokia X6. (BGR.in)

 

Walaupun belum kembali jadi trendsetter, namun Nokia tidak ketinggalan dalam persaingan. Nokia selalu mengikuti tren kekinian.

Dari ikut memproduksi smartphone Android One dan Android Go. Ikut memproduksi smartphone dual kamera dan layar poni. Itu jadi tanda mereka tidak jalan di tempat.

4. Kembali ke Pasar Amerika Serikat

Nokia 1. (Nokia)
Nokia 1. (Nokia)

 

Amerika Serikat jadi pasar yang penting untuk Nokia. Selain jadi pasar yang besar, Nokia punya banyak fans setia di Amerika Serikat.

Untuk itu, Nokia mulai merekrut banyak karyawan dari Amerika Serikat. Termasuk kepala e-commerce dan manajer teknis Nokia.

5. Masuk Daftar 10 Besar Populer Dunia

Nokia/CNET
Nokia 3310. (CNET)

 

Banyak yang kaget ketika perusahaan Finlandia ini kembali masuk dalam daftar 10 besar produsen smartphone terpopuler di dunia.

Usaha keras HMD Global seperti berbuah manis, popularitas Nokia meroket. Walaupun berada di peringkat 9, namun ini jadi awal yang baik.

Itulah tadi 5 tanda-tanda kebangkitan Nokia di pasar smartphone. Akankah Nokia kembali jadi pemimpin pasar?

Berita Terkait