Gadget

Jauh dari Apple Music, Spotify Raih 83 Juta Pengguna Berbayar

Spotify mengatakan pertumbuhan signifikan karena pasar di Amerika Latin dan Asia Tenggara menunjukkan respon yang positif.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: TechSpot
Sumber: TechSpot

Hitekno.com - Spotify sepertinya menjadi pemimpin aplikasi streaming musik saat ini. Bagaimana tidak, baru-baru ini Spotify mengumumkan bahwa mereka sudah meraih 83 juta pengguna berbayar di layanan aplikasi mereka.

Perusahaan asal Swedia tersebut mengumumkan angka fantastis itu saat merilis pendapatan per kuartal hingga bulan Juni. Laporan tersebut menyebutkan bahwa 75 juta pelanggan sudah membayar tiga bulan sebelumnya dan terjadi peningkatan di angka 83 juta pengguna berbayar.

Spotify juga mengumumkan pertumbuhan yang signifikan itu terjadi karena pelanggan di Amerika Latin dan Asia Tenggara menunjukkan respon yang positif atas aplikasi mereka.

Sumber: Telekom Electronic Beats
Sumber: Telekom Electronic Beats

Dilansir dari digitaltrend, pertumbuhan Spotify juga didukung dari program Family Plan-nya. Perusahaan itu mengatakan bahwa orang-orang yang mendaftar melalui opsi tersebut cenderung menjadi pelanggan tetap lebih lama daripada pelanggan lainnya.

Secara total jumlah pengguna berbayarnya meningkat 30 persen. Pengguna freemium (masih terdapat iklan) tumbuh sebesar 40 persen.

Spotify memiliki prospek yang cerah sebagai layanan streaming musik masa depan. Mereka memperkirakan dalam waktu dekat, pelanggannya akan mencapai sekita 93 sampai 97 juta pelanggan. Pengguna aktif diperkirakan mencapai kisaran 199 sampai 207 juta pengguna.

Sumber: Nittany News Lehigh Valley
Sumber: Nittany News Lehigh Valley

Pada akhir Juni Spotify memiliki 180 juta pengguna aktif bulanan. Pesaing terdekat Spotify adalah Apple Music. tim cook menyatakan pada bulan Mei bahwa layanannya sudah mencapai 50 juta pelanggan.

Meski selisih lebih dari 30 juta pelanggan, namun Apple Music meraihnya hanya dalam waktu tiga tahun saja. Banyak pengamat industri Apple Music akan melampaui Spotify suatu saat nanti.

Namun saat ini Spotify lebih unggul karena telah menjauh dengan 83 juta pengguna berbayarnya.

Berita Terkait