Gadget

Awas WhatsApp Bisa Bikin Lemot Ponsel, Begini Mengatasinya

Aplikasi ini bisa menjadi sumber utama memori kita penuh dan akhirnya ponsel kita menjadi lemot

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

WhatsApp/Pixabay
WhatsApp/Pixabay

Hitekno.com - Aplikasi chat WhatsApp sudah diinstall lebih dari 1 miliar pengguna. Kemungkinan anda juga salah satu penggunanya juga. Aplikasi ini sangat penting dan wajib dimiliki oleh pengguna gadget kekinian zaman sekarang.

WhatsApp sangat berguna karena telah menggantikan aplikasi konvensional seperti SMS dan juga fitur telepon yang menggunakan pulsa. Hanya dengan menggunakan paket data, semuanya bisa dilakukan lewat aplikasi yang satu ini.

Karena penggunaan sehari-hari yang harus online terus menerus, aplikasi ini menyimpan secara otomatis semua file maupun percakapan baik yang sudah usang maupun yang sudah baru. Akibatnya, aplikasi ini bisa menjadi sumber utama memori kita penuh dan akhirnya ponsel kita menjadi lemot.

Berikut beberapa tips dari tim HiTekno agar penyimpanan di WhatsApp tidak terlalu penuh sehingga kinerja ponsel menajadi lebih lancar:

1. Hapus Cache yang Ada Pada WhatsApp

Sumber: Tim HiTekno
Sumber: Tim HiTekno

Saat kamu menggunakan aplikasi, sistem akan menyimpan file secara otomatis untuk referensi pengguna ke depannya. File-file ini disimpan dalam bentuk "Cache". Apabila WhatsApp terlalu sering dibiarkan atau tidak "dirawat", cache akan menumpuk sehingga membebani memori.

Untuk menghapusnya kamu dapat masuk menu Setting --> Aplikasi--> WhatsApp-->Penyimpanan. Kemudian klik tombol "Hapus Cache". Menghapus data cache tidak akan menghapus data lain seperti riwayat log in dan penyimpanan file seperti gambar, dokumen, dan lain-lain.

2. Hapus Data

Sumber: Tim HiTekno
Sumber: Tim HiTekno

 

Cara ini termasuk cara yang cukup "frontal". Apabila sudah terlalu lama digunakan dan memori internal ponsel terlalu sedikit, maka data yang disimpan di WhatsApp akan semakin besar sehingga membuat penuh memori ponsel.

Caranya cukup sama seperti cara yang di atas, namun anda harus menekan tombol "Hapus Data".

Hati-hati dengan cara ini, ini akan memulai aplikasi WA dari awal. Kamu harus log in lagi ketika data sudah dihapus.

Gambar dan file yang tersimpan di WA juga akan akan hilang. Sebagai tindakan pencegahan, copy dulu gambar yang tersimpan di folder WhatApp di folder yang lain kemudian lakukan cara ini.

3. Penghapusan Satu per Satu.

Sumber: Tim HiTekno
Sumber: Tim HiTekno


Cara ini merupakan cara tengah dari kedua cara di atas. Ini merupakan cara yang paling aman untuk dilakukan, namun kamu harus masuk ke grup satu per satu.

Untuk melakukannya kamu harus masuk ke menu WhatsApp --> Pengaturan (Tiga titik di pojok kanan atas) ---> Penggunaan data dan penyimpanan ---> Penggunaan Penyimpanan.

Ketika seluruh grup sudah muncul, klik satu per satu grup kemudian pilih file mana saja yang ingin dihapus. Anda bisa menghapus percakapan atau file yang sudah tidak digunakan.

Berita Terkait