Gadget

Mengenal Sound on Display, Teknologi terbaru Samsung Galaxy S10

Sound On Display diprediksi menjadi teknologi unggulan Samsung untuk perangkat high-end tahun depan.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Slashgear
Sumber: Slashgear

Hitekno.com - Pada awal Juni lalu, terdapat kabar yang menyebutkan bahwa Samsung dan LG akan membuang poni atau notch pada smartphone flagship mereka selanjutnya. Samsung dan LG akan segera memproduksi teknologi layar OLED yang menghasilkan suara. Dengan begitu poni untuk menempatkan lubang suara mungkin tak begitu diperlukan lagi.

Pada 13 juni lalu, sebuah laporan dari ETNews menyatakan Samsung sedang dalam perjalanan mengembangkan teknologi layar OLED yang dapat memancarkan gelombang suara.

LG juga berkontribusi dengan teknologi ini. Baik LG dan Samsung tampaknya akan mengembangkan teknologi ini sekarang dan akan memiliki perangkat keras yang sudah siap produksi pada "awal tahun depan".

Jika laporan tersebut benar, kemungkinan bakal digunakan pada LG G9 generasi selanjutnya dan Samsung Galaxy S10.

Sumber: Slashgear
Sumber: Android Headlines

Tidak menutup memungkinkan teknologi ini akan muncul di Samsung Galaxy X. Perangkat ini telah digosipkan selama beberapa tahun, namun tampaknya perangkat tersebut akan mucul pada tahun 2019.

Samsung Galaxy X dikabarkan akan datang dengan layar lipat, memungkinkan penggunaan satu tangan dan panel yang lebih besar ketika pengguna sedang beristirahat.

Samsung Display belum membagikan banyak detail tentang cara kerja SoD tetapi secara eksplisit menyatakan bahwa teknologi ini merupakan solusi untuk perangkat high-end di tahun depan.

Teknologi ini dikabarkan menggunakan panel 6,2 inci sebagai tempat pengujian dan akan digunakan untuk Galaxy S10 Plus atau Galaxy Note 10.

Teknologi ini dikatakan menggunakan konduksi tulang dan getaran untuk mengirimkan suara. Bunyi-bunyi ini dikatakan mentransmisikan antara kisaran 100 - 8000 Hz.

Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus diharapkan akan diumumkan pada awal 2019, kemungkinan besar pada acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Berikut penampakan Teknologi Sound On Display  pada acara Display Week 2018 di Los Angeles Convention Center akhir Mei lalu:


Sumber: Youtube.com/DisplayWeek

 

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

Berita Terkait