Gadget

ARCore, Platform Google yang Satukan Digital dengan Dunia Nyata

ARCore adalah salah satu platform Google untuk membangun pengalaman realitas yang diperluas dengan dunia nyata.

Dinar Surya Oktarini

ARCore/rootjunky.com
ARCore/rootjunky.com

Hitekno.com - ARCore adalah salah satu platform Google untuk membangun pengalaman realitas yang diperluas dengan dunia nyata.

Menggunakan API yang berbeda, ARCore memungkinkan kamu merasakan lingkungan di sekitar kamu dengan ponsel.

Untuk mengaktifkan ARCore ini dibutuhkan beberapa API yang kini sudah tersedia di Android dan iOS lho

ARCore menggunakan tiga kemampuan utama untuk mengintegrasikan konten virtual dengan dunia nyata seperti yang terlihat melalui kamera ponsel kamu

Sumber video: Youtube

Pelacakan gerak memungkinkan ponsel untuk memahami dan melacak posisinya dengan lingkungan sekitar.

Pemahaman lingkungan memungkinkan smartphone kamu mendeteksi ukuran dan lokasi pada semua jenis permukaan, seperti horizontal, vertikal dan medan miring seperti tanah, meja kopi hingga dinding.

Kemampuan estimasi cahaya ini memungkinkan ponsel kamu untuk merespon dan memperkirakan kondisi cahaya di lingkungan sekitar.

ARCore ini dirancang untuk bekerja pada berbagai jenis smartphone dengan Android 7.0 Nougat yang terbaru.

Seperti yang dikutip dari developersGoogle.com cara kerja ARCore ada dua, yaitu melacak posisi perangkat seluler saat bergerak dan membangun responnya sendiri pada dunia nyata.

Teknologi pelacakan gerak ARCore menggunakan kamera ponsel untuk mengidentifikasi poin menarik.

Fitur tersebut adalah melacak titik-titik yang bergerak seiring waktu dan mengubahnya menjadi animasi yang menyatu dengan dunia nyata.

Dengan teknologi tersebut, kombinasi gerakan titik-titik dan bacaan dari sensor inersia ponsel, ARCore menentukan posisi dan orientasi ponsel saat bergerak.

Respon ARCore tentang dunia nyata memungkinkan kamu menempatkan objek, informasi dan membuat lukisan dengan cara yang terintegrasi secara sempurna dengan dunia nyata.

Pelacakan gerakan tersebut berarti, kamu dapat bergerak dan melihat objek-objek yang kamu tempatkan dalam video tadi, bahkan jika kamu berbalik dan meninggalkan ruangan.

Gimana, penasaran mau coba?

Hitekno.com/Dinar Surya Oktarini

Berita Terkait